Masyarakat Desa Lakbar dan Lakekun Terima BLT, Kades: Jangan Beli Make Up

oleh -130 views
Suasana penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Aula Kantor Desa Lakbar, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Kamis (02/07/2020).

MALAKA, suluhdesa.com – Kepala Desa Lakekun Barat (Lakbar) Luan Martinus berpesan kepada masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) agar uang tersebut digunakan untuk kebutuhan pokok seperti membeli beras dan kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan keluarga, bukan untuk membeli rokok, minuman keras (sopi), make up, dan lainnya yang tidak penting. Hal ini disampaikan Luan Martinus dalam sambutannya di Aula Kantor Desa Lakbar, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Kamis (02/07/2020).

Dikatakan Kades Luan Martinus, pembagian BLT ini tidak ada perwakilan, jika penerima yang sakit atau tidak bisa jalan, petugas yang akan langsung sambangi.

Kapolsek Kobalima IPTU Abilio Tefa melalui Bripka Leonito Monis mengatakan, para penerima BLT diwajibkan mematuhi protokol Covid-19 yakni mencuci tangan, menjaga jarak, tidak boleh berkerumun serta memakai masker.

Baca Juga:  Upaya Pemerintah Menyelamatkan Rakyat Dari Corona dan Rakyat Melawan dengan Bertahan

Bripka Leo ini juga menegaskan kepada masyarakat penerima BLT memakai uang untuk membeli kebutuhan pokok, bukan untuk judi, dan lain-lain.

“Jangan gunakan uang bantuan Covid-19 ini untuk judi, dan beli yang lain-lain. Tetapi beli beras, minyak goreng dan kebutuhan lain yang berguna untuk kebutuhan keluarga,” tegas Leo.

Pembagian BLT di Desa Lakekun Barat berlangsung sesuai dengan protokol Covid-19. Sebelum masuk ke dalam ruangan, masyarakat penerima BLT harus mencuci tangan dan di check suhu tubuh. Pembagian BLT ini disaksikan langsung oleh perwakilan Kapolsek Malaka, Bripka Leonito Monis, perwakilan Koramil 1605/05-Kobalima, Babinsa Jaco Tallo, Pendamping Desa, BPD dan para Kaur Desa.

Baca Juga:  KPU Malaka Minta Warga Siapkan Tiga Dokumen untuk Coklit Calon Pemilih

136 KK Desa Lakekun Terima BLT Tahap II

Sedangkan proses penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Aula Kantor Desa Lakekun, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (02/06/2020) juga berjalan sesuai protokol Covid-19.

Kepala Desa Lakekun, Caesilia Uduk, dalam sambutannya mengatakan, masyarakat yang terima BLT adalah masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan ini.

“Kami pilih masyarakat yang tani dan masyarakat yang benar-benar butuh bantuan ini dan semua kita sudah kaji mulai dari tingkat RT/RW sampai pada Dusun, sehingga menetapkan sebanyak 136 KK dari 9 Dusun yang benar-benar butuh bantuan,” ucap Kades Caesilia.

Kades Ceasilia juga menegaskan kepada masyarakat penerima bantuan agar uang bantuan yang diterima jangan dipakai berjudi tetapi dipakai untuk kebutuhan pokok rumah tangga.

Baca Juga:  104 ODP Covid-19 di Provinsi NTT, Kadis Kesehatan Ingatkan Para Wartawan

Sementara itu, Camat Kobalima, Fransiskus Tety dalam sambutannya meminta agar warga masyarakat Lakekun, untuk membantu pemerintah desa, apabila ada kegiatan yang butuh keterlibatan masyarakat.

Camat Frans juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menaati protokol Covid-19. Ia mengingatkan supaya masyarakat, selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan setelah beraktivitas, menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun.

Pantauan Media SULUH DESA, kegiatan hari ini berjalan tertib, lancar, dan aman. Turut hadir dalam pembagian BLT ini, perwakilan dari Polsek Kobalima, Bripka Leonito Monis, perwakilan Koramil 1605/05 Kobalima, Babinsa Jaco Tallo, Pendamping Desa, BPD dan Kaur Desa. (fecos/fecos)