111 KK di Desa Kateri dan 76 KK di Desa Barada Terima Bantuan Kemensos

oleh -95 views
111 Kepala Keluarga (KK) warga miskin Desa Kateri dan 76 KK warga Desa Barada, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapat bantuan sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI pada Kamis (26/06/2020).

MALAKA, suluhdesa.com – Sebanyak 111 Kepala Keluarga (KK) warga miskin Desa Kateri dan 76 KK warga Desa Barada, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapat bantuan sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH)  dari Kementerian Sosial RI pada Kamis (26/06/2020).

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Malaka, Silvester Letto mengatakan, “kami mewakili pemerintah daerah datang untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat Desa Barada dan mengawal supaya bantuan benar menjadi hak masyarakat. Bantuan yang ibu dan bapa dapat ini, saya berharap agar dipergunakan dengan semestinya dalam meringankan beban hidup rumah tangga di masa New Normal ini. Bantuan ini tidak boleh digunakan sebagai kebutuhan adat, ataupun untuk membeli minuman keras, tetapi bantuan ini guna memberikan kemudahan kepada bapa ibu sekalian di rumah,” ucap Leto.

Baca Juga:  Covid-19 Picu Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Terpisah, Kepala Desa Barada Yoseph Bria Seran yang ditemui media ini mengatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah diberikan oleh Kementerian Sosial untuk membantu meringankan beban masyarakat di Desa Barada.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan bantuan ini sebaik mungkin, terlebih khusus untuk kebutuhan dirumah,” tegas Yoseph.

Sementara itu di Desa Kateri, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Maria Theresia Un Manek Asa pada saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat desa tersebut menjelaskan, “kepada masyarakat Desa Kateri yang mendapatkan bantuan berupa sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH), agar bantuan ini digunakan sebaik-baiknya. Kehadiran kami dari pemerintah daerah adalah datang untuk memantau secara langsung masyarakat Desa Kateri agar benar-benar bantuan ini diterima dan tepat sasaran. Saya harap bantuan ini dapat meringankan beban ibu bapa semuanya. Bantuan ini jangan disalahgunakan untuk berfoya – foya atau untuk membeli minuman keras, tetapi bantuan yang berupa uang, harap digunakan untuk kebutuhan pangan agar kesehatan saudara-saudara tetap terjaga.”

Baca Juga:  Pasien 01 Covid-19 Sembuh, NTT Kembali Jadi Jalur Hijau

Penjabat Kepala Desa Kateri, Simon Klau mengatakan sangat berterima kasih kepada Kemensos atas bantuan yang sudah diberikan kepada masyarakat. Ini membantu meringankan beban masyarakat di Desa Kateri.

“Imbauan dari saya untuk masyarakat Desa Kateri yang mendapatkan bantuan ini, harus lebih mengerti dalam menggunakannya dan sadar atas bentuk perhatian dari pemerintah ini. Yang sudah diberikan bisa digunakan dengan sebaik mungkin,” kata Simon.

Baca Juga:  Bupati Malaka dan Kapolres Malaka Sambangi Masyarakat Desa Tunmat

Hadir pada acara penyerahan bantuan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Malaka Zakarias Nahak, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Malaka Silvester Leto, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Maria Theresia Un Manek Asa, dan Kepala Dinas Sosial Folgentinus Fahik. (edis/edis)