Pemkot Probolinggo dan Pemkab Probolinggo Gelar Rakor Penanganan Covid-19

oleh -183 views
Pemerintah Kota Probolinggo dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Covid – 19, Senin (30/3/2020) pukul 10.00 wib di Puri Pemerintah Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono didampingi segenap OPD Pemerintah Kabupaten Probolinggo terkait dengan pembahasan mewabahnya Virus Covid – 19 yang telah meresahkan masyarakat.

PROBOLINGGO, suluhdesa.com – Untuk menangani penyebaran virus Covid – 19, Pemerintah Kota Probolinggo dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Covid – 19, Senin (30/3/2020) pukul 10.00 wib di Puri Pemerintah Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono didampingi segenap OPD Pemerintah Kabupaten Probolinggo terkait dengan pembahasan mewabahnya Virus Covid – 19 yang telah meresahkan masyarakat.

OPD terkait yang hadir pada acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo H. Tutug Edi Utomo yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo H. Santiono, Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto, Kepala Dinas Perhubungan Heri Sulistiyanto, dan Plt Kasatpol Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Aruman.

Rakor ini dipimpin langsung oleh drg. Ninik Ira Wibawati yang didampingi Asisten Administrasi Umum Budiono Irawan, Asisten Pemerintahan H. Paeni dan Asisten Perekonomian Sekda Kota Probolinggo Amin Fredy serta perangkat OPD terkait.

Baca Juga:  Polres ProbolinggoKota Kerahkan Mobil Water Canon Semprot Disinfektan di Jalanan

Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati menyampaikan, perlu dilakukan penyamaan persepsi kedepannya dalam penanganan Covid 19, baik dari pelayanan kesehatan, mekanisme dan penanganan permasalahan arus mudik.

Antisipasi dilaksanakan di terminal dan pelabuhan sebagai salah satu pintu masuknya sumber virus covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono mengatakan, “Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo siap menyatukan langkah, bersama Satgas Kecamatan dan Satgas Desa untuk melakukan antisipasi pencegahan penularan Covid-19, sinergitas yang baik antara Satgas Kota Probolinggo juga diperlukan untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19”.

Baca Juga:  Jika Dana Desa Tidak Cair Segera, Sebaiknya Menteri Desa Diganti

Terkait penanganan pasien yang berada di Kabupaten maupun Kota Probolinggo telah disepakati Rumah Sakit Tongas sebagai rumah sakit rujukan. Salah satu point dari hasil rapat koordinasi tersebut, adalah rencana akan dilakukannya pemeriksaan khusus pada jalur pintu masuk menuju Kabupaten dan Kota Probolinggo khususnya pada saat arus mudik lebaran.

Sinergitas antara pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo dan Dinas Perhubungan Kota Probolinggo melakukan pemeriksaan pada titik- titik pintu masuk menuju Kabupaten/Kota Probolinggo. (Azizah/Senopati)