Cegah Corona, Pemuda Katolik DKI Jakarta Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

oleh -216 views
Pemuda Katolik (PK) DKI Jakarta turut membagikan masker dan hand sanitizer di sekitaran Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta serta di luar Stasiun Juanda dan Stasiun Gambir, Sabtu (28/03/2020).

JAKARTA, suluhdesa.com – Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Pemuda Katolik (PK) DKI Jakarta turut membagikan masker dan hand sanitizer di sekitaran Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta serta di luar Stasiun Juanda dan Stasiun Gambir, Sabtu (28/03/2020).

Wakil Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta Regina Vianney Ayudya dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, kegiatan ini tidak lain menjadi bagian respon Pemuda Katolik untuk bergotong royong membantu Pemerintah dalam menghadapi Virus Corona yang telah mewabah di Indonesia dan belum lagi ditambah dengan isu kelangkaan dan mahalnya APD (Alat Pelindung Diri).

“Kegiatan ini tidak sekadar membagikan saja akan tetapi kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tetap menjaga kesehatan dan tidak meremehkan sebaran virus corona. Harus diakui memang masih banyak masyarakat yang mengandalkan hidup mencari nafkah di jalanan ini seperti para tukang ojek, pedagang kaki lima, pemulung dan kalangan masyarakat yang rentan terhadap paparan Virus Korona,” ujar Regina.

Baca Juga:  OMK Paroki Sta. Familia Wae Nakeng di Lembor Bagikan Masker untuk Warga

Ketua Pemuda Katolik DKI Jakarta Bondan Wicaksono mengucapkan terima kasih atas dukungan banyak pihak atas terdistribusikannya masker dan hand sanitizer ini dan mengimbau masyarakat untuk tidak abai terkait protokol pencegahan yang telah dirilis oleh Pemerintah.  Salah satu kunci penting dalam melawan Virus Corona ini tidak lain adalah kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Pemuda Katolik DKI Jakarta turut membagikan masker dan hand sanitizer di sekitaran Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta serta di luar Stasiun Juanda dan Stasiun Gambir, Sabtu (28/03/2020).

“Kami juga memberikan apresiasi kepada tenaga medis baik Dokter, Perawat, dan para tenaga medis lainya yang berada dalam garda terdepan melawan Virus Corona. Mereka memiliki risiko besar dengan paparan Virus karena mereka yang bersentuhan langsung dengan pasien,” imbuh Bondan.

Baca Juga:  Cegah Corona, Polsek Sumberasih Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Pemuda Katolik DKI Jakarta dimana saat ini Jakarta sebagai ibukota negara telah menjadi epicentrum dengan jumlah pandemi virus Corona terbanyak di ikuti wilayah Jawa Barat dan Banten serta berbagai daerah lainnya yang telah terdampak virus Corona.

“Untuk itu kami sangat berharap Pemerintah segera mengatasi pandemi ini ke berbagai lapisan masyarakat untuk berupaya secara total salah satunya dalam penanganan kebutuhan medis seperti adanya kelangkaan perlengkapan medis yang ditambah mahalnya (Alat Pelindung Diri) APD di pasaran serta semoga Pemerintah tiada henti untuk memberikan pelayanan ekstra melalui gugus tugas yang telah dibentuk pemerintah dalam penanganan wabah korona di Indonesia,” katanya.

Baca Juga:  Pasien Asal Kabupaten Malaka yang Dirujuk ke Kupang Negatif Corona

Pemuda Katolik saat ini bersama Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC 19)  yang merupakan gerakan inisiatif awam Katolik senantiasa mendukung upaya  pemerintah karena melihat keprihatinan atas situasi saat ini yang mendorong para relawan katolik yang berasal dari berbagai profesi: medis, guru, dosen, pengusaha, imam, biarawan, biarawati berupaya melakukan gerakan kongkrit di berbagai bidang dengan tujuan membantu masyarakat dalam rangka menanggulangi pandemik Covid-19.

Jaringan ini merupakan gabungan berbagai elemen katolik: organisasi kemasyarakatan katolik, rumah sakit, universitas, sekolah, relawan, pengusaha dan awam.

“Semoga wabah ini dapat segera selesai dan masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti semula. Mari bersama bersatu bergotong royong melawan virus corona!,” tutup Bondan Wicaksono. (rilispemudakatolik/red)