Cegah Corona, Masyarakat Cuci Tangan Sebelum Mengisi BBM di SPBU Kota Betun

oleh -199 views
Kasat Sabhara (Samapta Bhayangkara) IPTU Melky Davidson Nenobais, S.H.

MALAKA, suluhdesa.com – Patroli dialogis dan imbauan kepada masyarakat tentang mencegah penyebaran Covid-19 di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) dan Agen Premium  Minyak Solar (APMS) hari Sabtu (28/03/2020)  kemarin membuahkan hasil. Pantauan media ini pada hari Minggu (29/03/2020) tampak SPBU dan APMS di Kota Betun mulai tertib, tidak terjadi penumpukan orang yang sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM), bahkan sebelum mengisi BBM disediakan tempat mencuci tangan bagi masyarakat di areal SPBU dan dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara (Samapta Bhayangkara) IPTU Melky Davidson Nenobais, S.H. bersama Anggota Satuan Samapta Polres Malaka.

Selain itu aparat kepolisian Polres Malaka ini melakukan patroli dengan rute awal dari Mako Polres Malaka mengelilingi Kota Betun – Laran – Tubaki – Webuah – Kamanasa – dan kembali ke Mako Polres Malaka.

Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno melalui Kasat Sabhara (Samapta Bhayangkara) IPTU Melky Davidson Nenobais mengatakan, hal itu untuk menindak lanjuti Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Walikota Kupang Minta Warga Tenang Hadapi Ancaman Corona

Salus populi suprema lex esto, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi. Itulah alasan Polri mengeluarkan maklumat,” kata IPTU Melky Davidson Nenobais.

Maklumat Kapolri Mak/2/III/2020 tersebut terbit pada 19 Maret lalu dan dikeluarkan dalam rangka menekan laju penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

“Apabila ada keperluan mendesak dan tidak dapat dihindari, maka kegiatan yang melibatkan banyak orang agar dilaksanakan dengan menjaga jarak. Polri juga meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan mengikuti informasi serta imbauan resmi yang dikeluarkan pemerintah,” tegas IPTU Nenobais.

Baca Juga:  Bertarung di Pilkada Malaka, Pasangan SBS-WT Terima SK dari Partai Demokrat

Selain itu masyarakat diminta agar tidak melakukan pembelian bahan pokok maupun kebutuhan lainnya secara berlebihan. Lebih lanjut Nenobais meminta masyarakat yang sudah mengisi bahan bakar minyak (BBM) untuk kembali ke rumah dan melakukan aktivitas di rumah serta menjauhi tempat-tempat kerumunan yang melibatkan banyak orang.

“Selanjutnya Kami mengatur arus lalu lintas di seputaran SPBU Kamanasa dan APMS Laran agar tidak terjadi kemacetan yang panjang  serta arus lalu lintas berjalan aman dan lancar. Kami juga meminta supaya semua masyarakat agar tidak terprovokasi oleh berita-berita yang tidak benar (hoax) dan jika menemukan berita-berita yang tidak benar agar segera melaporkan ke pihak Kepolisian agar menindak lanjuti penyebaran berita yang tidak benar itu. Bagi masyarakat yang merasa dirinya sedang dalam keadaan sakit untuk segera ke puskesmas terdekat agar memeriksa keadaan tubuh serta kesehatan,” pungkas Nenobais. (edi.s/edi.s)