Pimpinan Komisi IV DPR RI-Pemkab Probolinggo Lakukan Penyemprotan Disinfektan Serentak

oleh -217 views
Penyemprotan disinfektan serentak sebagai upaya bersih-bersih tempat ibadah Masjid, Gereja dan Pura serta Pondok Pesantren ini dilakukan sebagai upaya percepatan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, suluhdesa.com – Pimpinan Komisi IV DPR RI dari Fraksi Nasdem bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Provinsi Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan bagi 128 tempat ibadah dan 150 pondok pesantren secara serentak di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Jumat (27/3/2020) pagi.

Penyemprotan disinfektan serentak sebagai upaya bersih-bersih tempat ibadah Masjid, Gereja dan Pura serta Pondok Pesantren ini dilakukan sebagai upaya percepatan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dilepas secara simbolis oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si di depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan dengan penekanan tombol sirine mobil damkar (pemadam kebakaran) dan dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan ke area depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan.

Pelepasan secara simbolis yang dipusatkan di Kota Kraksaan ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo, Forkopimka Kraksaan, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan.

Penyemprotan disinfektan serentak ini merupakan kegiatan konstitusi dari Pimpinan Komisi IV DPR RI yang agendanya adalah kunjungan spesifik perorangan berupa Gerakan Nasdem Peduli Penanganan COVID-19 di tengah-tengah masyarakat sekaligus bertatap muka dan mengajak kepada masyarakat untuk hidup bersih.

Untuk di Kecamatan Kraksaan, penyemprotan cairan disinfektan terbagi dalam 2 (dua) tim. Untuk Tim 1 dari Alun-alun Kota Kraksaan melakukan penyemprotan jalan ke arah timur melewati Jalan Panglima Sudirman Kraksaan sampai pertigaan samping RS Graha Sehat, Sumberlele (SL) Park Kraksaan, RSUD Waluyo Jati Kraksaan hingga finish di Pondok Pesantren Hati Kraksaan.

Sementara Tim 2 bergerak dari Alun-alun Kota Kraksaan melakukan penyemprotan jalan ke arah barat melewati Jalan Panglima Sudirman Kraksan melewati Pasar Semampir, Perumahan Bulu Indah, Jl Diponegoro Sidomukti, Kapuran, Pondok Pesantren Syech Abdul Qadir Al-Jailani Rangkang hingga finish di Pondok Pesantren Hati Kraksaan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan melakukan inspeksi pelaksanaan penyemprotan yang dilakukan Tim 1 di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan dan Gereja Jawi Wetan Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan yang dilakukan Tim 2. Serta penyemprotan di Pondok Pesantren Hati Kraksaan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengatakan COVID-19 atau Corona Virus hari ini sedang mewabah dunia, khususnya Indonesia. Bersyukur Kabupaten Probolinggo aman dan kondusif karena rakyatnya patuh. Sehingga ucapan terima kasih patut diberikan kepada seluruh rakyat Kabupaten Probolinggo.

“Tempat ibadah ini adalah simbol amar makruf nahi mungkar. Setiap hadirnya masyarakat jangan diidentikkan antar rakyat akan menularkan sebuah penyakit, sehingga apa yang saya lakukan hari ini dengan serentak di 24 kecamatan, seluruh Forkopimka hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melakukan penyemprotan tempat-tempat umum yang banyak dihadiri oleh masyarakat,” katanya.

Menurut Hasan, dirinya hadir selaku wakil rakyat karena ada kegiatan konstitusi namanya kunjungan spesifik perorangan ke dapil (daerah pemilihan) untuk anggota DPR RI secara perorangan sehingga kegiatan konstitusi ini kalau diterjemahkan adalah rapat dengan rakyat. Dimana hari ini semua warga menangis dan meratap tetapi jangan terlalu menangis.

“Marilah kita harus yakin bahwa penyakit dari Allah dan akan disembuhkan oleh Allah. Ujian dari Allah dan semoga diakhirkan oleh Allah. Sehingga rasa takut tidak terlalu mencekam di tengah-tengah masyarakat. Saya mengajak kepada semua masyarakat agar tidak terlalu berfikir hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan bersama-sama,” jelasnya.

Hasan menyampaikan semua ini dilakukan sebagai ajakan langsung kepada masyarakat dan memberikan contoh kepada masyarakat. Kebersihan hari ini bagian dari sebuah ajakan untuk berikhtiar sehat terhindar dari semua musibah atau ujian dari Allah SWT berupa Virus Corona.

“Semoga Virus Corona ini cepat berakhir untuk menuju Ramadhan yang seluruh masyarakat Indonesia mayoritas Islam untuk bersama-sama beribadah kepada Allah SWT di bulan suci Ramadhan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Terkait dengan buruh yang masih bekerja, Hasan menyampaikan bahwa memang banyak pertanyaan dari tokoh agama dan masyarakat mengapa buruh pekerja ini masih belum ada perhatian dari pemerintah.

“Insya Allah ini bagian dari aspirasi yang menguat kepada saya selaku anggota DPR RI untuk tersampaikan pada saat rapat dengar pendapat setelah melakukan kunjungan spesifik. Setiap perintah dari pemerintah itu ada konsekuensi yang harus diberikan hak-hak rakyat oleh pemerintah. Negara wajib hadir di semua elemen masyarakat,” tambahnya.

Untuk ketersediaan pangan Hasan menjelaskan sebagaimana laporan dari Kementerian Pertanian RI dan Perum Bulog, untuk beras masih tercukupi sampai 3 bulan ke depan.

 

Baca Juga:  OJK Cermati Kondisi Sektor Jasa Keuangan di Tengah Covid-19

“Apalagi sebulan yang akan datang akan ada panen raya di masyarakat,” pungkasnya. (Azizah/Senopati)