RSUPP Betun Dapat Bantuan APD dari Anggota DPRD

oleh -306 views
Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun Dapat Bantuan alat pelindung diri (APD) dari Salah seorang anggota DPRD Malaka Marius Boko dari Partai Demokrat.

MALAKA, suluhdesa.com – Rumah Sakit Umum Penyangga  Perbatasan Betun Dapat Bantuan alat pelindung diri (APD) dari Salah seorang anggota DPRD Malaka Marius Boko. Penyerahan APD  berlangsung di salah satu ruangan RSUPP dan diterima oleh tenaga medis yang tergabung dalam tim gerak cepat RSUPP pada hari Jumat (27/03/2020).

Anggota DPRD Malaka Marius Boko dari Partai Demokrat kepada media ini mengatakan, ‘”sebagai umat manusia perlu ada rasa kepedulian dan keprihatinan. Peduli tidak hanya dengan ungkapan semata tetapi aksi nyata menjadi harapan bagi mereka yang sedang membutuhkan.”

Menurut Boko, selain itu, Pimpinan Pusat dari Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono sudah memberikan instruksi kepada Pimpinan DPD dan DPC yang ada di wilayah Indonesia harus melakukan aksi atau gerakan sosial dalam menangkal virus Covid-19.

Baca Juga:  Simon Nahak: SAKTI Menjadi Solusi Bagi Ketidakadilan di Malaka

“Bantuan tersebut didistribusikan melalui donatur yang ada di Surabaya. Kami pesan dalam jumlah yang banyak tapi stoknya tidak mencukupi karena harus dibagi kepada setiap kota yang ada di Indonesia yang sedang membutuhkan. Untuk RSPP Betun hanya dapat baju pelindung diri, masker N95 dan sarung tangan. APD  terdiri dari dua buah sepatu boot, handschoen steril satu box, masker N95 10 buah dan baju pelindung diri dua stel yang mana diperuntukan kepada tenaga kesehatan yang notabenenya bersentuhan langsung dengan pasien baik dalam ODP maupun PDP,” kata Boko.

Lanjut Boko, “ADP tersebut hanya sebagai langkah preventif dan proteksi untuk tenaga medis sebab sebagai garda terdepan dalam menghadapi covid-19, dengan tujuan dasar meminimalisir penyebaran. Kelihatan sedikit tapi mau bilang apa stoknya terbatas dan hampir semua rumah sakit di wilayah Indonesia membutuhkan.”

Baca Juga:  Cegah Corona, Puluhan Orang Muda Kampung Bosiko Semprot Disinfektan di Rumah Warga

“Tujuan bantuan bukan untuk mencari popularitas atau mencari panggung politik tetapi rasa kepedulian dan keprihatinan terhadap sesama menjadi gerakan fundamen yang tidak bisa dipelintir dengan argumen berkonten imajinasi tetapi real action menjadi garda untuk melawan virus tersebut. Oleh karena itu, saya berharap kepada pihak lain untuk bisa membantu RSPP Betun. Walaupun dengan cara yang berbeda tetapi kita sama-sama membantu Pemda Malaka untuk mengatasi gangguan virus corona tersebut,” ujar Boko.

Direktur RSPP Betun, dr. Oktaelin K. Koeswadie, melalui dr. Anjelina Tiwabai mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Marius Boko.

“APD sangat penting untuk para tenaga kesehatan yang terpapar langsung dengan virus covid 19. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan APD yang sudah kami terima yang merupakan atensi dari Bapak Dewan, Marius Boko, sangat kami hargai terutama kami tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid 19 ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Polres Probolinggo Kota Salurkan Bantuan Kemanusiaan Dari Dekranas

dr. Anjelin mengungkapkan bahwa, “jujur, persediaan APD di RSUPP Betun sudah mulai menipis dan ada beberapa yang masih kami pesan tapi belum datang dan bahkan ada stok kosong di level nasional. Kalaupun stoknya ada tapi harganya selangit. Para tenaga medis harus bekerja menggunakan APD yang berstandar karena harus melayani pasien-pasien yang tidak tahu apakah sudah membawa virus Covid-19 atau tidak.”

Menurut dr. Anjeline, “sebelumnya kami sudah menerima bantuan 100 box masker bedah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka namun sekarang stoknya sudah mulai berkurang,” tukasnya. (edi.s/edi.s)