Kapolsek dan Danramil Kobalima Gelar Sosialisasi Corona Kepada Masyarakat

oleh -167 views
Tiga Pimpinan Kecamatan Kobalima (Tripika), Kapolsek Kobalima, PLT koramil 1605-05 Kobalima, Camat Kobalima dan Petugas Puskesmas Namfalus dari Desa Rainawe dan Puskesmas Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT menggelar sosialisasi tentang penyebaran Covid-19 dan upaya pencegahannya pada hari Rabu (24/03/2020).

MALAKA, suluhdesa.com – Virus corona atau Covid-19 telah resmi ditetapkan sebagai pandemi global oleh WHO. Seluruh negara, termasuk Indonesia, pun melakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak semakin menyebar luas ke masyarakat.

Menanggapi situasi itu, Pemerintah Pusat, Provinsi NTT maupun seluruh kabupaten tidak pernah bosan memberikan imbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan selain menjaga kebersihan sebisa mungkin menghindari keramaian.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal memastikan bahwa pelayanan dan pengayoman dari TNI-Polri terhadap masyarakat Indonesia tetap berjalan maksimal di tengah pandemi virus corona. Hal ini pun dilakukan oleh aparat Polisi dan TNI di Kabupaten Malaka.

Tiga Pimpinan Kecamatan Kobalima (Tripika), Kapolsek Kobalima, PLT koramil 1605-05 Kobalima, Camat Kobalima dan Petugas Puskesmas Namfalus dari Desa Rainawe dan Puskesmas Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT menggelar sosialisasi tentang penyebaran Covid-19 dan upaya pencegahannya pada hari Rabu (24/03/2020).

Baca Juga:  Antisipasi Corona, Fasilitas Umum di Sidrap Disemprot Desinfektan

Kapolres Malaka Ajun Komisaris Besar Polisi  (AKBP) Albertus Neno melalui Kapolsek Kobalima, Komisaris Polisi Marten Pelokila (Marpel) kepada media ini mengatakan, “kita tetap bersinergi bersama Tripika dan petugas kesehatan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan serta mengindahkan instruksi pemerintah.”

Hal senada dikatakan oleh Camat Kobalima Fransiskus Tety Nahak. Dikatakannya kepada warga di Kecamatan Kobalima untuk mengindahkan Instruksi Bupati Malaka agar selalu menjaga kebersihan. “Hindari membuat kegiatan – kegiatan hingga lima belas hari ke depan,” kata Nahak.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1605-09 Biuduk Foho yang juga sebagai Pejabat Sementara (PJS) Danramil 1605-05 Kobalima Kodim 1605/ Belu Lettu Inf. Leo Soares mengatakan bahwa, “apa yang disampaikan oleh Kapolsek dan Camat itu semua demi kebaikan kita dan masyarakat itu sendiri.”

Baca Juga:  Dapat Bantuan Ventilator, Bupati Malaka; Terima Kasih Melki Laka Lena

Pantauan media ini sosialisasi keliling tentang bahaya virus corona atau Covid-19, yang dilakukan oleh unsur Tripika Kecamatan Kobalima. Sebelum sosialisasi dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan apel bersama di halaman Markas Komando (Mako) Polsek Kobalima yang dipimpin oleh Kapolsek Kobalima Kompol Marten Pelokila, S.H. Dalam arahannya, Kapolsek mengucapkan terima kasih kepada Danramil 1605-05 bersama anggota, kepada Kepala Puskesmas Namfalus dan Puskesmas Babulu bersama staf yang telah bersinergi untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya corona (Covid-19).

Setelah apel, kemudian dilaksanakan sosialisasi melalui rute yang ditentukan antara lain, sepanjang jalur menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, jalan raya Metamauk, Perkampungan Trans Metamauk, sepanjang jalan raya Raihenek menuju perkampungan Trans Tualaran, Desa Rainawe, sepanjang jalan raya Desa Litamali menuju Desa Sisi, dan berakhir di Desa Lakekun Barat, Kecamatan Kobalima.

Baca Juga:  Seorang Pemuda Di Surabaya Nekat Menjambret HP, Dilumpuhkan Polisi

Dalam sosialisasi keliling tersebut, dibacakan Maklumat Kapolri nomor : Mak / 2 / III / 2020, tanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (COVID-19), serta Himbauan Bupati Malaka nomor : Diskominfo / 555 / 32 / III / 2020, tentang pencegahan virus corona/Covid-19 terkait telah merebaknya virus tersebut yang telah menjadi bencana dunia.

Selain membacakan Maklumat Kapolri dan imbauan Bupati Malaka, Kapolsek Kobalima juga mendatangi tempat-tempat yang menjadi kerumunan masyarakat yaitu dua tempat billiard di Raihenek, tempat billiard di Kada untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa untuk sementara waktu agar tidak melakukan kegiatan berkumpul sampai berakhirnya wabah virus corona (Covid-19). (edi.s/edi.s)