PT. Bangun Bogasarana Mapan Berdayakan Anak-Anak NTT

oleh -291 views
Direktur PT. Bangun Bogasarana Mapan (BBM) Kupang, Chris Matatula.

KUPANG, suluhdesa.com – PT. Bangun Bogasarana Mapan (BBM) Kupang merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang distributor tepung dari Semarang, dan juga satu grup dengan Pizza Hut. PT. BBM ini yang memiliki kantor pusat di Jalan Frans Seda, Tuak Daun Merah, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, berdiri sejak tahun 2016 lalu.

Hal ini disampaikan Direktur PT. BBM, Chris Matatula saat wawancara khusus dengan wartawan pada hari Senin (23/03/ 2020) di ruangan kerjanya di Kantor PT. BBM.

Menurut Chris, Perusahaan ini mempekerjakan anak-anak asli NTT sebanyak tiga puluh orang sejak proses perekrutan sampai kepada pegawai tetap, sejak Perusahaan ini berdiri.

“Mengapa harus anak-anak NTT? itu karena anak NTT punya kemampuan yang tidak kalah saing dengan anak-anak dari provinsi lain. Kita lihat banyak anak-anak NTT yang berhasil di luar daerah dan bisa membuat maju di perusahaan yang mereka kerja,” urainya.

Baca Juga:  Pemkot Kupang Harus Lakukan Penyelidikan Epidemiologi Secara Efektif dan Rapid Test Massal

Masih menurut Chris, PT. BBM dalam perekrutan pegawai sangat mementingkan aspek-aspek humanis. Calon pegawai atau stafnya akan bekerja sesuai kemampuannya sendiri, setelah melalui tahap wawancara bersama dirinya.

Tandas Chris, “Sumber Daya Manusia, kalau di sini rata-rata baru. Perusahaan baru dan delivery. Memperkerjakan anak-anak yang baru tamat sekolah. Anak-anak yang bekerja itu kami membutuhkan ijazah. Itu kami juga butuh KTP dan dokumen asli. Kalau yang tamat SD atau tidak tamat SD mereka kita perhatikan. Kalau lamar kerja itu kami juga meminta sikap dan perilaku yang baik. Itu bagian dari garansi. Kalau realita yang terjadi, anak-anak di lapangan itu harus kerja dulu. Harus selesaikan ini itu. Selama ini kadang mereka lari. Kami tidak tahu mereka jual kemana. Tetapi selalu kita komunikasikan dengan baik.”

Baca Juga:  Lapak Sabda Gelar Bincang dan Baca Buku Setiap Malam Minggu

PT. BBM sangat mengedepankan hak dan kewajiban. Hak dan Kewajiban harus berjalan seimbang. Jikalau semua urusan penjualan dan penagihan sudah selesai dan tidak bermasalah, para staf dapat menikmati hasil kerja mereka secara baik.

Untuk diketahui sebelum menjadi pegawai di Perusahaan tersebut  ada beberapa training untuk melihat progress seperti apa. Bisa atau tidak. Ada tahapan dan uji coba.

“Walau  perusahan ini  kecil dan baru merangkak dan kami bukan perusahaan yang sudah mapan tetapi kami tetap jalankan secara profesional,” kata Chris.

Saat ditanyai mengenai dampak penyebaran virus corona yang terjadi saat ini, Chris menjawab bahwa, virus corona memiliki dampak negative yang sàngat besar.

“Apalagi suasana pasar menurun tetapi kita harus ikuti aturan pemerintah. Perusahaan kami tetap berjalan dengan menggunakan safety tools kepada sales jika mengunjungi toko dengan jarak dua meter. Untuk stok tepung sebulan ke depan masih aman jika hendak didistribusikan ke seluruh wilayah NTT,” ungkap Chris.

Baca Juga:  Tambang di Matim, Bupati Agas: Harus Terealisasi, Saya akan Pasang Badan

PT. Bangun Bogasarana Mapan Kupang ini adalah perusahaan milik Putera NTT. PT. Bangun Bogasarana Mapan (BBM) Kupang ini memiliki sub distributor yang tersebar di seluruh wilayah NTT. Saat ini untuk tepung yang PT. BBM jual selalu habis di pasaran sebab memiliki kualitas yang bagus. Tepung ini digunakan sebagai bahan pembuat roti dan kue-kue.

“Tentu saja masyarakat menyukainya Pak. Kami minta doa dan dukungan ya. Kepada Masyarakat NTT yang telah menjadi konsumen kami, kami ucapkan terima kasih dan jangan bosan untuk terus bersama kami,” pungkas Chris sambil tersenyum. (fwl/tim)