Cegah Corona, Bupati Malaka Instruksikan Pegawai Kerja di Rumah

oleh -241 views
Bupati Malaka dr. Stef Bria Seran

MALAKA, suluhdesa.com – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid 19, Pemerintah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur membuat kebijakan agar semua Kepala Perangkat Daerah berkantor di rumah sebagai upaya cegah virus corona untuk hindari berkumpulnya masyarakat.

Sejak Senin (23/03/2020) semua Kepala Perangkat Daerah berkantor di rumah sebagai upaya untuk menghindari berkumpulnya masyarakat dan mencegah penyebaran virus corona.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran (SBS) mengatakan hal itu kepada wartawan, Selasa (24/03/2020). Bupati SBS mengatakan para pejabat berkantor di rumah mulai pukul 07.30 wita – pukul 16.00 wita dan harus mengenakan baju dinas.

“Perlu ditegaskan Ini bukan libur tetapi para pejabat tetap bekerja melayani rakyat seperti biasa tetapi dilakukan dari rumah. Ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Malaka melindungi rakyatnya dari penyebaran virus corona. Sekarang semua pejabat berkantor di rumah, di kantor hanya ada piket, staf bertemu pimpinan satu satu, jarak 1 meter dan tidak ada rapat-rapat,” tegas Bupati SBS.

Baca Juga:  PHRI NTT Siap Bantu Pemprov NTT Atasi ODP Covid-19

Kaban Perbatasan Kabupaten Malaka, Dr. Yohanes Bernando Seran, S.H., M.Hum kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah berkantor di rumah sejak Senin kemarin.

Dikatakannya, Kebijakan dan instruksi Bupati Malaka untuk kerja dari rumah suatu langkah konstruktif dan futuristik karena merupakan langkah mengantisipasi penyebaran virus covid 19.

“Kerja dari rumah harus didukung penguasaan akan teknologi digital agar dapat melakukan koordinasi dan memberi arahan serta perintah kepada staf dalam menjalankan tugas. Kerja dari rumah harus didukung disiplin diri yang kuat agar orang konsisten dan dapat mengalahkan ego dirinya sendiri untuk betul bekerja dan dapat mempertanggungjawabkannya kepada atasan dan kepada Tuhan,” kata Bernando.

Baca Juga:  Jika Covid-19 Berlanjut, Kebutuhan Pangan Masyarakat Desa Lakekun Barat Terancam

Kepala Bappeda Malaka, Remigius Asa, S.H kepada wartawan mengatakan jika dirinya sudah berkantor di rumah.

“Itu instruksi Bupati dan sudah kita jalankan sejak Senin kemarin agar tidak terjadi kerumunan orang di kantor pada setiap hari kerja. Pelayanan tetap berjalan dan tidak ada yang berubah. Sesuai arahan Bupati semua staf sudah dibagi untuk bertugas setiap hari secara bergantian agar tidak terjadi kerumunan orang di kantor,” ucap Remigius.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Malaka, Stefanus Klau kepada wartawan mengatakan sudah berkantor di rumah sejak Senin kemarin.

Baca Juga:  Bupati Malaka; Penonaktifan Dirut Bank NTT Itu Hal Lumrah

“Sesuai arahan dan Instruksi Bupati Malaka agar Kepala Perangkat Daerah berkantor di rumah sudah dijalankan sejak senin kemarin. Sesuai arahan Bupati setiap hari ada staf yang ditempatkan di kantor secara bergantian agar tidak terjadi kerumunan masyarakat tetapi pelayanan tetap dilakukan seperti biasa,” imbuh Stefanus.

Kadis Nakertrans Kabupaten Malaka, Vinsen Babu kepada wartawan mengatakan sejak penerapan kebijakan Bupati agar pejabat berkantor di rumah sudah dijalankan sejak hari pertama Senin kemarin.

“Kita tetap melayani rakyat seperti biasa dan semua staf sudah dibagi habis agar setiap hari kerja secara bergantian berkantor untuk memberikan pelayanan,” pungkas Vinsen. (edi.s/edi.s)