THS-THM Paroki Sto. Yakobus Bukapiting, Berorganisasi Lahir dari Motivasi

oleh -670 views
Foto bersama anggota Tunggal Hati Seminari (THS) dan Tunggal Hati Maria (THM) Paroki Yakobus Rasul, Bukapiting-Alor.

ALOR, suluhdesa.com – Persiapan kegiatan Pra Pendadaran dan kegiatan Mingguan organisasi Tunggal Hati Seminari dan Tunggal Hati Maria (THS-THM) Paroki Yakobus Rasul, Bukapiting-Alor dihadiri seluruh Anggota THS-THM pada hari Sabtu (21/03/2020) pukul 19.00-22.00 wita di Aula Sto. Yakobus Rasul Bukapiting Alor.

Dalam kesempatan membawakan materi tentang Motivasi Organisasi, Valentinus Kopong Masan menekan bahwa, hidup berorganisasi harus lahir dari motivasi di dalam diri. Motivasi sangat penting dan berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian tujuan. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi dalam keadaan atau kondisi tertentu yang dapat mendorong, merangsang atau menggerakkan seseorang untuk melakukan hal-hal tertentu demi mencapai tujuan bersama atau kelompok.

“Belajar berorganisasi merupakan kesempatan untuk membentuk diri, karena apa yang kita belajar di bangku sekolah tidak sama dengan di organisasi.Organisasi merupakan perkumpulan sosial yang memiliki kepemimpinan, kepengurusan yang mempunyai motivasi tertentu dalam bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Dalam menjalankan sebuah roda organisasi. banyak hal yang kita peroleh, kita dapat menempa diri dan mengasah diri bahkan membentuk mental dan kepribadian kita. THS-THM menjadi rumah untuk membentuk lapisan kader Gereja dan Bangsa, oleh karena itu terus belajar, karena setiap orang ada masanya- setiap masa ada orangnya,” tegas Valentinus Kopong Masan, Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS) Keuskupan Agung Kupang (KAK) ini.

Baca Juga:  WKRI Keuskupan Atambua Bagikan Sembako untuk Warga

Ketua Rating THS-THM Paroki Sto. Yakobus Rasul, Bukapiting-Alor, Dionisius Surya dalam sambutan mengucapkan terima kasih untuk sharing dan pengalaman dalam berorganisasi.

“Semoga semua ini menjadi inspirasi hidup dalam berorganisasi. Apa yang dipercayakan kepada kita adalah ruang untuk berproses. Oleh karena itu manfaatkan semua kesempatan dan ilmu sebagai bekal untuk masa depan,” ujar Surya.

Baca Juga:  Uskup Denpasar Suarakan Gereja yang Mandiri

Seksi Pelatihan Distrik Keuskupan Agung Kupang Paulus R. B. Pati dalam testimoni mengharapkan, semoga apa yang telah dijelaskan oleh pemateri menjadi ilmu yang berharga dalam belajar berorganisasi khususnya di THS- THM Paroki Sto. Yakobus Rasul, Bukapiting- Alor.

“Teruslah belajar dari semua pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki dan orang lain. sehingga THS-THM terus eksis dan berkembang untuk menjadi garda terdepan Gereja,” pungkasnya. (valo/valo)