Devi Ndolu; Kasus Korupsi di Malaka Harus Diusut Tuntas

oleh -217 views
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malaka melakukan kunjungan ke Polres Malaka pada hari Rabu (18/03/2020), diantaranya Wakil Ketua I DPRD Malaka Devi Hermin Ndolu (PDIP), Ketua II Hendrikus FahikTaek (PKB), Ketua Komisi I Henri Melki Simu (Golkar), dan Ignasius Fahik (PDIP). (foto kolase; Media SULUH DESA)

MALAKA, suluhdesa.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malaka melakukan kunjungan ke Polres Malaka pada hari Rabu (18/03/2020), diantaranya Wakil Ketua I DPRD Malaka Devi Hermin Ndolu (PDIP), Ketua II Hendrikus FahikTaek (PKB), Ketua Komisi I Henri Melki Simu (Golkar), dan Ignasius Fahik (PDIP).

Menurut Ndolu, “kunjungan perdana ini secara sengaja dilaksanakan karena sejak Bapak Kapolres Albertus Neno dilantik dan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Malaka kami belum ada kesempatan untuk berkunjung ke Polres Malaka. Selagi ada kesempatan, kami manfaatkan waktu sebaik-baiknya.”

Atas nama pimpinan DPRD Malaka dan Anggota, Ndolu memberikan apresiasi terkait kinerja Polres Malaka yang mulai tampak.

“Pada kesempatan ini, kata Ndolu, kami memberikan apresiasi kepada Bapak Kapolres Malaka beserta jajarannya yang sudah mengubah suasana di Kabupaten Malaka menjadi tertib aman dan nyaman. Sebagai contoh sejak ada Polres, ketertiban lalu lintas sangat baik, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sudah makin kondusif dan ada perubahan. Penataan kantor Polresnya sudah mulai bagus. Intinya kami mendukung penuh Polres Malaka dan langkah selanjutnya kami akan senantiasa memberikan masukan dan pandangan kepada Polres Malaka,” kata Ndolu.

Baca Juga:  Tinjau Posko Covid-19, Kapolres dan Bupati Malaka Ajak Masyarakat Bijak Menggunakan Medsos

Menurut Ndolu, Polres Malaka masih baru dan masih ada kekurangan-kekurangan baik personil maupun fasilitas.

“Langkah selanjutnya kami akan berdiskusi dengan pimpinan dan Anggota DPRD mengenai langkah apa yang akan ditempuh guna melengkapi kekurangan yang ada di Polres Malaka. Itu menurut kacamata kami atas kinerja Polres Malaka. Oleh sebab itu kami akan terus memberikan dukungan penuh kepada Polres Malaka,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hadirnya BUMDes Taaba Mematikan Usaha Masyarakat, Pelaku Usaha Kecewa

Berkaitan dengan proses hukum, menurut Devi Hermin Ndolu, mengatakan, “untuk proses hukum, DPRD hanya melakukan pengawasan politik, tidak akan mencampuri urusan penyidikan maupun pemeriksaan.  Karena itu ranahnya polisi dan kejaksaan. Kami siap memberikan pandangan-pandangan guna melancarkan proses pemeriksaan, dan penyidikan di wilayah hukum Polres Malaka.”

Lebih lanjut Ndolu menambahkan, mengenai permasalahan atau kasus hukum yang lalu sebelum Polres Malaka terbentuk dan Polres Malaka masih bergabung dengan Polres Belu, dirinya meminta jangan dilimpahkan ke Polres Malaka. Cukup Polres Belu saja yang menangani dan melanjutkan pemeriksaannya hingga tuntas.

“Jangan limpahkan masalah yang sudah diproses di Polres Belu ke Polres Malaka dan memberikan beban kepada Polres Malaka. Kami Anggota DPRD Malaka mendukung penuh Polres Belu untuk menuntaskan kasus terdahulu,” tegas Ndolu.

Baca Juga:  Menghambat Penyelidik Bareskrim, Pinangki Diduga Didoktrin Internal Kejaksaan

Mengenai kasus korupsi di Malaka, Devi meminta agar diusut tuntas hingga ke akar-akarnya lantaran tindakan korupsi selain merugikan negara juga merugikan rakyat.

Kapolres Malaka, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Albertus Neno atas nama Institusi Polri mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan dukungan dari DPRD Malaka.

“Selama terbentuknya Polres Malaka memang tanggung jawab kami di Kabupaten Malaka sudah kami laksanakan terkait lalu lintas dan kamtibmas. Terkait pernyataan Wakil Ketua DPRD Malaka, saya sangat setuju yaitu kasus yang sudah ditangani Polres Belu jangan dilimpahkan ke Polres Malaka. Cukup Polres Belu saja yang menangani agar tidak menjadi beban bagi kami,” pungkas AKBP Albert. (edi.s/edi.s)