Bupati Malaka Beri Imbauan dan Minta Masyarakat Malaka Tetap Tenang Hadapi Corona

oleh -288 views
Bupati Malaka dr. Stef Bria Seran

MALAKA, suluhdesa.com – Dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran meminta agar setiap desa di Kabupaten Malaka harus menggalakkan pembersihan lingkungan dan fasilitas publik seperti pasar, sekolah dan berbagai tempat ibadah serta fasilitas perkantoran.

Setiap keluarga dan desa harus menjadi penggerak untuk membangun pola hidup bersih dan sehat.

Sementara untuk ASN perjalanan dinas dibatasi dan selektif karena ada hal-hal tertentu membutuhkan perjalanan dinas.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan di kediaman Haitimuk – Malaka, Selasa (17/03/2020).

Baca Juga:  Pilihan Untuk Melaut Bagi Nelayan dan Asap Dapur Tetap Mengepul

”Sebagai Kepala Daerah saya mengimbau kepada seluruh keluarga dan desa, agar terus galakkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat. Kepala Desa, Camat, Kepala Sekolah dan Kepala Perangkat Daerah harus menjadi contoh dan garda depan untuk pembersihan lingkungan,” Tegas Bupati SBS.

Menurut Bupati SBS, setiap hari Jumat seluruh desa dan keluarga harus menggalakkan program Jumat bersih untuk kerja bakti dan pembersihan lingkungan rumah dan pasar-pasar agar tetap bersih dan sehat.

Sebagai Kepala Daerah, SBS meminta supaya seluruh rakyat Kabupaten Malaka jangan panik menghadapi virus corona.

Baca Juga:  Bupati Malaka Pimpin Rapat Penerapan New Normal Acara Kemasyarakatan

Bupati SBS meminta agar rakyatnya melakukan aktivitas seperti biasa tanpa ada ketakutan yang berlebihan yang mempengaruhi dinamika kehidupan sehari hari.

Bulan lalu Bupati sudah mengeluarkan imbauan kepada rakyat dan tidak ada hal baru yang ditambahkan tetapi perlu diingatkan kembali untuk menyegarkan ingatan. Bupati mengingatkan ada enam tips dalam menghadapi virus corona :

Pertama, Jaga kebersihan diri, keluarga, lingkungan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Kedua, bila sakit flu disertai dengan batuk dan demam segera memeriksakan diri di fasilitas Kesehatan serta berusaha untuk tidak berada di banyak orang seperti pasar, pesta, dan lain-lain.

Baca Juga:  Pemkab Malaka Pantau Pasar, Harga Sembako Masih Stabil

Ketiga, Beristirahat, makan yang teratur serta banyak minum air.

Keempat, Hindari bila bertemu keluarga atau teman untuk tidak berciuman, tidak berjabat tangan, cukup beri salam saja dengan gerakan-gerakan tangan atau gerakan badan saja.

Kelima, Masyarakat tidak perlu panik dan terpengaruh dengan berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat .

Keenam, Selalu Cuci tangan sebelum dan sesudah makan. (edi.s/edi.s)