Peduli Istri Prajurit, Ny. Hetty Andika Perkasa Gelar Pemeriksaan Kanker Payudara

oleh -391 views
Ny. Hetty Andika Perkasa selaku Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana (Ketum Persit KCK) (baju hijau).

JAKARTA, suluhdesa.com – Pemeriksaan gratis kanker payudara (breast cancer) bersama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), merupakan wujud kepedulian Ny. Hetty Andika Perkasa selaku Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana (Ketum Persit KCK)  terhadap istri prajurit, Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan PNS Angkatan Darat.

Hal ini disampaikan Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya usai mengikuti acara yang digelar di Lantai Dasar Gedung E Mabesad, Jakarta, Rabu (11/03/2020).

Kadispenad mengatakan, pada perayaan ke-74 tahun ini, Persit KCK mengajak seluruh istri prajurit dan PNS Angkatan Darat termasuk prajurit Korps Wanita Angkatan (Kowad) untuk peduli kesehatan masing-masing, diantaranya dengan deteksi dini kanker payudara.

“Deteksi dini kanker payudara, tentunya sangat penting diketahui baik perempuan maupun laki-laki, khususnya para anggota Persit, Kowad dan PNS wanita yang berdinas di lingkungan Mabesad,” ujar Candra.

Lebih lanjut Candra katakan, kegiatan yang dihadiri oleh 800 orang itu, diawali dengan olahraga bersama dengan para prajurit dan PNS  di lingkungan Mabesad.

“Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketum Persit KCK dan pengenalan YKPI oleh Ibu Agum Gumelar, serta sosialisasi dan edukasi deteksi dini. Juga mengampanyekan gerakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) oleh Kolonel Ckm dr. Agus Sutarman, Sp.B., Sp.Onk (RSPAD Gatot Soebroto),” kata Candra.

Baca Juga:  Koramil 0820/23 Gading Bagi Masker Untuk Masyarakat Cegah Covid-19

Dalam acara yang dihadiri salah satu pendiri YKPI Taty A.M. Hendropriyono itu juga dilaksanakan pengecekan kanker payudara dengan Mammografi.

“Ibu Hetty juga menghimbau para prajurit dan PNS yang hadir untuk mengajak istri mereka memeriksa gejala dengan Mammografi,” tegas Candra.

Lebih lanjut Candra jelaskan bahwa program pemeriksaan dengan Mammografi bekerjasama dengan RSPAD dan YKPI itu gratis.

“Wujud kepedulian ini tentu menjadi peluang bagi keluarga besar TNI AD, khususnya ibu-ibu. Bagi yang berminat dipersilakan mendaftar dan akan diakomodasi, namun pelaksanaannya per hari 50 orang,” sambung Candra.

Untuk diketahui, penderita kanker payudara saat ini relatif tinggi dan pemeriksaan dengan Mammografi  biasanya dikenakan biaya sekitar Rp. 600.000,-

Dalam acara itu, Ketum Persit KCK menyerahkan donasi kepada Ketua YKPI dan tali asih untuk anggota militer, PNS dan keluarganya yang sedang dirawat di RS.Ridwan Meuraksa dan RS Kesdam Cijantung.

Baca Juga:  Kasiter Rem 081/DSJ; Koramil Model, Tingkatkan Profesionalisme Aparat Teritorial

“Diterima oleh Ibu Linda serta Karumkit Ridwan Meuraksa dan RS Kesdam Cijantung,” ucap Candra.

Sedangkan Ibu Linda, lanjut Candra, selain tentang visi dan misi, dalam pengarahannya menyampaikan tentang berbagai program YKPI.

“Diantaranya, sosialisasi dan edukasi deteksi dini serta mengampanyekan gerakan SADARI, pelatihan relawan, penyediaan unit mobil Mammografi, serta menggelar acara Temu Penyintas Kanker Payudara se-Indonesia setiap bulan Oktober, tiap tahunnya,” tutur Candra.

“Ini penting, karena ternyata dengan penanganan yang baik, penyakit ini bisa sembuh,” imbuhnya menambahkan.

Sementara itu, untuk membantu pemahaman para peserta tentang kanker payudara, Kolonel Ckm dr. Agus Sutarman memaparkan tentang penjelasan atau definisi dari kanker payudara, penyebab, serta tahapan dalam pendeteksian secara dini.

“Dari data Globocan 2018, faktor genetika (turunan) hanya berperan 15 – 20 % kanker, selebihnya faktor gaya hidup seperti pola makan, olahraga, dan stress,” terang Candra mengutip pernyataan dr. Agus Sutarman.

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan Wakil Ketum Persit KCK Ny. Dewi Tatang Sulaiman itu, para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan seputar upaya pencegahan dan penanganan kanker payudara.

Baca Juga:  Laksanakan TMMD, Kodim Kendari Pasang Paving Block di SDN Matabaho

“Di luar dugaan, selain ibu-ibu, bapak-bapak yang ikut dalam acara itu juga antusias mendengarkan sosialisasi. Terbukti, dalam acara kuis yang diberikan selesai acara, bapak-bapaknya dapat menjelaskan tentang berbagai upaya pencegahan kanker payudara,” cerita Candra.

“Sehingga ke depannya, Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana akan mengajak kembali YKPI dan RSPAD Gatot Soebroto melaksanakan pemeriksaan Mammografi,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata kepada Ibu Linda dan dr. Agus, para survivor kanker payudara, kuis berhadiah, dan peninjauan ke bus Pemeriksaan Mammografi.

“Hasil pemeriksaan yang dilakukan hari ini dapat diperoleh dua minggu yang akan datang,” tutup Candra.

Selain para pejabat Asisten Kasad dan pejabat Mabesad, turut hadir para Pengurus Pusat Persit KCK, tamu undangan, anggota Persit KCK di wilayah Jakarta serta prajurit dan PNS di lingkungan Mabesad. (Dispenad/red).