Masyarakat Desa Kakaniuk Gotong Royong Perbaiki Akses Jalan

oleh -256 views
Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT melaksanakan kegiatan Jumat Bersih dengan bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak akibat terjangan air di wilayah tersebut, Jumat (13/03/2020).

MALAKA, suluhdesa.com – Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT melaksanakan kegiatan Jumat Bersih dengan bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak akibat terjangan air di wilayah tersebut, Jumat (13/03/2020). Kegiatan Jumat Bersih itu melibatkan seluruh warga.

Kepala Desa Kakaniuk Petronela Luruk ketika ditemui di lokasi kegiatan mengatakan seminggu terakhir ini curah hujan sangat tinggi dan merusak beberapa ruas jalan termasuk aliran kali kecil yang menghubungkan jalan menuju ke Pusat Desa

“Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, warga bergotong royong memperbaiki secara manual. Sehingga akses jalan ke desa tidak terhambat atau pun terputus,” katanya.

Baca Juga:  Kepala Desa Numponi Gunakan Dana Desa 320 Juta Di Bidang Kesehatan

Menurut Petronela, keadaan seperti ini sudah sering terjadi jika curah hujan tinggi. Pasalnya aliran kali kecil itu mendapat tumpahan air dari gunung dan sangat deras jika airnya melimpah sampai merusak badan jalan.

“Oleh karenanya, untuk mengantisipasi agar akses jalan manusia dan kendaraan tidak terhambat, kita lakukan perbaikan seperlunya sehingga tidak ada kendala saat dilewati,” ungkapnya lagi.

Baca Juga:  UPKM/CD Bethesda YAKKUM Bagikan Tempat Cuci Tangan di Malaka

Lebih rinci, Kepala Desa Kakaniuk dua periode ini menyebutkan bahwa kondisi ini akan segera dilaporkan kepada Dinas PUPR dan Badan Penanggulangan Bencana untuk mendapat perhatian.

“Kami akan segera buatkan laporan dan melaporkan kepada Camat dan Instansi teknis seperti Dinas PUPR dan Badan penanggulangan Bencana untuk disurvei dan diberikan perhatian,” kata mantan pegiat LSM Oxfam GB ini.

Salah seorang warga lainnya Alfonsius Berek mengatakan dirinya bersama warga bergotong royong memperbaiki jalan ini, karena ini satu-satunya jalan yang dilewati warga.

Baca Juga:  Tersangka Korupsi di Malaka, Kemana Arah Perjuangan Mahasiswa?

“Melihat keadaan ini, kami sebagai warga tidak tinggal diam dan siap membantu Pemerintah Desa sehingga akses jalan ini bisa dilalui dengan baik oleh manusia dan kendaraan bermotor,” ujarnya.

Pantauan Media SULUH DESA, sejak pagi warga Kakaniuk baik perempuan dan laki-laki sudah berada di lokasi untuk membersihkan badan jalan dan juga memperbaiki akses jalan yang rusak. (edi.s/edi.s)