Panik dengan Virus Corona, Warga Surabaya Datangi Posko

oleh -187 views
Posko yang didirikan oleh Rumah Sakit Unair ini bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur. Posko tersebut bertuliskan Crisis Center RS Unair.

SURABAYA, suluhdesa.com  – Warga Kota Surabaya banyak mendatangi posko yang didirikan oleh Rumah Sakit Unair. Posko ini  bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur. Posko tersebut bertuliskan Crisis Center RS Unair.

Hal ini disampaikan dr. Alfian Nur Rosyid, SpP di RS Unair, Tim Satgas kepada wartawan Rabu (11/03/2020).

Hasil liputan Media SULUH DESA, hari pertama yang datang berjumlah 50 orang.  Dari jumlah tersebut sudah ada 21 orang yang sedang dalam proses pemantauan.

Baca Juga:  Komunitas AMOR Paroki St. Fransiskus dari Assisi Kolhua Berbagi Kasih

Posko ini dibuka untuk bisa mendeteksi pasien  yang merasa sakit atau flu, baik yang ada di Kota Surabaya maupun yang baru pulang dari  luar negeri, jikalau  menunjukkan gejala virus yang mirip corona.

“Kita belum update datanya semua, dua hari  kemarin kurang lebih 40-50 yang datang ke Posko. Bisa saja orang tidak ada keluhan tetapi merasa was-was akhirnya memeriksakan diri dan periksa kesini, di screening, diberikan edukasi mengenai hal-hal yang perlu mereka lakukan di rumah,” kata Alfian.

Baca Juga:  Antisipasi Covid 19, Polisi dan Petugas Gabungan Cek Suhu Tubuh Pengendara di Exit Tol Muneng

Dijelaskannya bahwa, rasa panik membuat  orang  memeriksakan diri saja tanpa riwayat pergi ke negara terjangkit atau melakukan kontak dengan orang asing.

“Rasa panik warga akan virus corona membuat warga dengan sendiri datang ke Posko. Selain diperiksa juga diberikan edukasi ,” pungkas Alfian. (Sum/Tim)