Seragam Satpam akan Mirip Seragam Polri

oleh -1.677 views
Personel Satuan Pengamanan (Satpam) yang mengenakan seragam baru mirip seragam polisi.

JAKARTA, suluhdesa.com Ada yang berbeda dengan Rapat Kerja Teknis Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 di Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (09/03/2020) – Jumat (13/03/2020). Hal itu bukan karena batalnya kehadiran Kapolri sehingga diwakili oleh Wakapolri, Komjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si, melainkan karena hadirnya personel Satuan Pengamanan (Satpam) yang mengenakan seragam baru mirip seragam polisi.

Satu per satu para Satpam, pria dan wanita, berbaris naik ke atas panggung memperagakan seragam barunya, mulai dari seragam biasa, seragam berhijab, hingga setelan jas. Tak lupa, seragam itu juga dilengkapi dengan tanda pangkat.

Dilansir dari xnews.id, disampaikan bahwa, Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H, menjelaskan tampilan baru Satpam itu terinspirasi dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang. Di negara tersebut hadirnya Satpam dengan seragam mirip Polisi ternyata efektif mengurangi terjadinya tindak pidana (kejahatan).

Baca Juga:  Garda NTT Desak Mabes Polri Tuntaskan Kasus Kematian Ansel Wora

“Banyaknya kejadian kejahatan adalah bukti kegagalan dalam menjalankan fungsi preemtif dan preventif yang diemban oleh Korbinmas Baharkam Polri dan jajaran,” kata Komjen Pol. Agus Andrianto.

Oleh karena itu, menurut Kabaharkam Polri, membuat seragam Satpam tampak seperti seragam Polisi perlu dilakukan. Dengan maksud akan menjadi perpanjangan tangan Polri khususnya jajaran Binmas hadir di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  Polda NTT Gelar Pisah-Sambut Kapolda Lama Dan Baru

Sementara, ia menegaskan, pembinaan Satpam oleh jajaran Korbinmas Baharkam Polri juga perlu terus ditingkatkan, baik secara regulasi maupun implementasi. “Banyak kreasi yang harus kita kerjakan untuk kamtibmas di negeri ini,” tegas Komjen Pol. Agus Andrianto.

Rencananya, konsep seragam Satpam baru tersebut mulai diberlakukan setelah selesainya penyusunan Peraturan Kepolisian (Perpol) yang akan disahkan oleh Kapolri. (xnews.id/red)

Baca Juga:  Partai Demokrat Sumbangkan Alat Kesehatan untuk Tenaga Medis di DKI Jakarta