Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona dan SP 2020 di Area CFD

oleh -251 views
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan 2 (dua) stand khusus untuk memberikan sosialisasi penting bagi masyarakat. Salah satunya adalah sosialisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait pencegahan virus corona.

PROBOLINGGO,  suluhdesa.com – Ada yang menarik perhatian masyarakat pada event Car Free Day (CFD) Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur pada Minggu (08/03/2020) pagi.

Perhatian masyarakat saat itu tidak hanya tertuju pada panggung hiburan dan deretan stand produk UKM khas CFD yang mewarnai jalanan sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga Jalan Diponegoro di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan.

Pada CFD kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan 2 (dua) stand khusus untuk memberikan sosialisasi penting bagi masyarakat. Salah satunya adalah sosialisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait pencegahan virus corona sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang virus tersebut.

Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk talkshow dengan narasumber utama dr Anang Budi Yoelijanto selaku Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo. Selain sosialisasi corona masyarakat pengunjung CFD yang melalui stand Dinkes juga diberi edukasi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Hal ini merupakan salah satu yang terpenting dalam upaya pencegahan virus corona.

Baca Juga:  ODP Dari Malang Meninggal di Kabupaten Malaka

Dalam salah satu paparannya, Anang mengimbau masyarakat tidak usah takut dan tidak usah khawatir terkait dengan virus corona karena di Kabupaten Probolinggo relatif aman dan kondusif. Sampai saat ini belum ada pasien yang dirawat karena kasus virus corona.

“Langkah kami selanjutnya sesuai petunjuk Ibu Bupati selain melakukan sosialisasi yang lebih masif tentang PHBS sebagai pencegahan virus corona, kami juga melakukan koordinasi antar lembaga untuk membahas persiapan dan antisipasi hal-hal terburuk,” jelasnya.

Baca Juga:  Kodim dan Polres Kendari Bagi 10.000 Masker untuk Warga

Kemudian sosialisasi kedua yang tak kalah penting adalah himbauan kepada masyarakat untuk mensukseskan salah satu Program Nasional yakni Sensus Penduduk 2020 secara online yang baru dimulai sejak pertengahan bulan Pebruari dan berakhir pada akhir Maret mendatang.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo ini juga dikemas sangat menarik, mulai dari senam zumba berhadiah doorprise sampai kegiatan “Ngisi Bareng” (Ngibar) Sensus Online 2020. Dalam sosialisasinya itu BPS membuka layanan pendampingan pengisian SP 2020 online bagi siapapun yang merasa belum mencatatkan dirinya melalui situs online BPS.

Baca Juga:  Peringati HPSN 2020, Masyarakat Kabupaten Lumajang Harus Peduli Sampah

“Selain sosialisasi, hari ini kami melakukan pendampingan bagi warga yang belum melakukan SP. Melalui kesempatan ini kami mengimbau siapapun dan pihak manapun yang menginginkan pendampingan tentang pengisian SP online kami siap dipanggil untuk mendampingi,” kata Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Bagus Sunggono, saat ditemui di standnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi, Kepala Dinas Perhubungan Heri Sulistyanto beserta beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya. (Senopati/Senopati)