Pemprov Kaltara Kembangkan RUED, Anggota DPR RI Beri Apresiasi

oleh -507 views
Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Ratna Juwita Sari (berjilbab) saat melakukan rapat bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara saat melakukan kunjungan kerjanya pada hari Selasa (03/03/2020)

TARAKAN, suluhdesa.com – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Ratna Juwita Sari memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dalam program Rencana Umum Energi Daerah (RUED) yang sedang dikembangkan.

Hal ini disampaikan Ratna saat Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke Provinsi Kaltara masa persidangan II tahun 2020 pada hari Selasa (03/03/2020). Sebagai Provinsi termuda, pengembangan RUED di Kaltara, membuat Legislator asal Tuban itu terkejut.

“Kami terkejut dengan agresivitas inovasi yang mereka kembangkan dalam RUED, bahkan daerah lain belum banyak yang menyusun,” ujar Ratna dalam keterangan tertulis.

Baca Juga:  Para Legislator Perempuan Terpilih Harus Berani Tampil, Bersuara dan Berpendapat

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Irianto Lambrie menuturkan saat ini Pemprov Kaltara sedang mengembangkan energi matahari, energi batubara dan migas. Kaltara juga akan segera mempercepat pembangunan PLTA Sungai Kayan yang berkapasitas 9000 MW.

Namun, Gubernur Irianto mengungkapkan dalam pembangunan PLTA yang terletak di Kecamatan Peso tersebut terkendala izin dan kurangnya anggaran.

Baca Juga:  Ansy Lema dan KLHK Bantu 9 Kelompok Kebun Bibit Rakyat di NTT Senilai 450 Juta

Menanggapi hal itu, Komisi VII DPR RI akan mencarikan solusi agar perizinan pembangunan tersebut tidak lagi terhambat, dan akan dijadikan prioritas pembahasan.

“Harapan untuk segera menyelesaikan percepatan pembangunan PLTA Sungai Kayan dg kapasitas 9000 MW patut mendapatkan perhatian, mengingat potensi yg dimiliki maupun semangat untuk “berlari” menuju Energi Baru Terbarukan,” ungkap Politisi PKB tersebut.

Baca Juga:  Resmi! Jokowi Putuskan Ibu Kota RI Pindah ke Kalimantan Timur

Ratna berharap pembangunan PLTA akan segera terwujud, sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang maksimal bagi warga Indonesia, khususnya Kaltara. (dbn/fwl)