Satlantas Polres Malaka Lamban Tangani Kasus Laka Lantas

oleh -721 views
Sekjen Aliansi Pewarta Merah Putih Paulus Edi Sumantri

MALAKA, suluhdesa.com – Satuan Lalu Lintas Polres Malaka terkesan Lamban Menangani kasus kecelakaan lalu lintas. Pasalnya kendaraan Patwal operasional hasil pinjam pakai yang jumlahnya hanya satu unit  dari Polres Belu semenjak Polres Malaka terbentuk tidak bisa digunakan karena mengalami kerusakan serius.

Hal ini diungkapkan oleh Sekjen Aliansi Pewarta Merah Putih Paulus Edi Sumantri yang juga sebagai wartawan pada hari Jumat (21/02/2020).

“Setiap terjadi kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Malaka, Anggota Satlantas selalu sibuk mencari kendaraan guna menuju ke tempat kejadian perkara kecelakaan lalu lintas. Kadang menggunakan kendaraan operasional Polsek Malaka Tengah. Itu pun kalau tidak digunakan, kalau digunakan demi pelayanan kasus lain, terpaksa anggota kalang kabut mencari pinjaman kendaraan seadanya,” ungkap Sumantri.

Baca Juga:  Pilkada Malaka; Partai Gerindra Belum Tetapkan Dukungan ke Salah Satu Paket

Edi Sumantri mengharapkan pimpinan Polri khususnya Polda NTT untuk memberikan perhatian kepada Polres Malaka yang ada di daerah perbatasan RI-RDTL ini, sebab daerah perbatasan lebih rawan terjadinya kecelakaan.

“Jangan karena Polresnya ada di perbatasan maka semua pelayanan terbatas dan pekerjaannya tidak terbatas. Saya berharap agar ada perhatian dari Pemda Malaka khususnya Dinas Perhubungan Kabupaten Malaka untuk membenahi rambu – rambu lalu lintas dan marka jalan di setiap persimpangan di Kota Betun dan sekitarnya untuk meminimalisir kecelakaan,” tegas Sumantri.

Baca Juga:  Jelang HUT Bhayangkara ke-74, Polsek Cikarang Pusat Gelar Baksos

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Dinas PPKAD Kabupaten Malaka Clara M. F Bano ketika dijumpai wartawan Media SULUH DESA di ruang kerjanya di Kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Malaka mengatakan, seiring berjalannya waktu hampir setiap bulan kendaraan bertambah di Kabupaten Malaka. Saat ini kendaraan yang terdata per Bulan Desember 2019 berjumlah 18.820 unit. Kendaraan roda dua berjumlah 17.622 unit sedangkan roda empat 1.198 unit bahkan terus bertambah.

Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno ketika dijumpai media ini menyampaikan “masyarakat dapat bersabar karena pimpinan kami dari Polda NTT tidak akan tutup mata terkait kebutuhan pelayanan kepolisian kepada masyarakat karena sudah ada pengajuan ke tingkat pusat guna mendapatkan dukungan kendaraan operasional.”

Baca Juga:  247 KK di Desa Lakekun Utara Terima BST dan BLT, Kades: Jangan Judi

Ketika ditanya terkait marka jalan yang belum ada di Kabupaten Malaka, Kapolres Albert mengatakan, dirinya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Malaka.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Malaka Ferdinandus Un Muti saat dikonfirmasi media ini melalui telepon  terkait pembangunan marka jalan dan rambu -rambu lalu lintas mengatakan bahwa, pada tahun 2020 ini sudah dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Menurut Kadishub dalam waktu dekat rambu – rambu atau marka jalan akan terpasang demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Malaka. (Edi.S/Edi.S)