Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Beri Penyuluhan PHBS di SD Karang Paiton

oleh -668 views
Mahasiswa KKN Kelompok 40 Universitas Muhammadiyah Jember pada hari Jumat (07/02/20) mengadakan penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) di lingkungan Sekolah SD Karang Paiton.

JEMBER, suluhdesa.com – KKN Kelompok 40 Universitas Muhammadiyah Jember pada hari Jumat (07/02/20) mengadakan penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) di lingkungan Sekolah SD Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Sebelum melakukan adanya kegiatan penyuluhan ini team dari KKN 40 UM Jember melakukan kontrak waktu dengan pihak sekolah dan langsung bertemu dengan Kepala SD Karang Paiton untuk melaksanakan program kegiatan yang telah disepakati oleh semua mahasiswa KKN kelompok 40 UM Jember.

Dari hasil yang didapat dalam perbincangan dengan Kepala Sekolah Sunaryo,S.Pd, ia mengatakan bahwa, “bagus program kerja (proker) ini dilakukan di sekolah ini, karena kita bisa melihat anak-anak yang belum banyak memahami tentang masalah kebersihan.”

Kelompok KKN 40 UM Jember melakukan persiapan penyuluhan dengan mempersiapkan materi tentang PHBS, mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam penyuluhan misalnya hadiah, Power Point dan Handsinetizer. Karena dengan kita memberi hadiah tujuan untuk menarik perhatian anak SD disaat kita melakukan penyuluhan.

Baca Juga:  3 Kota Akan Lakukan PSBB, Kapolda Jatim; Masyarakat Harus Tahu Aturan

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa KKN melakukan penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) kepada anak Sekolah Dasar Kelas 3 untuk mengenalkan betapa pentingnya hidup sehat dan mengajarkan perilaku hidup sehat sejak dini dengan memulai hal yang sederhana yaitu mencuci tangan. Tak kalah pentingnya dalam kegiatan ini diajarkan demo tentang 6 langkah cuci tangan yang benar.

Baca Juga:  Mahasiswa dan Seluruh Anak Muda NTT Harus Membaca Buku

Penyuluhan ini dimulai pada pukul 08.00 wib dan berakhir pada pukul 09.30 wib.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias mengikuti penyuluhan dengan baik, dibuktikan pada saat kita memberi pertanyaan, banyak anak cepat mengacungkan tangan dan menjawab. Kita pun memberikan hadiah kepada anak-anak ini. Setelah selesai kegiatan penyuluhan kami berpamitan kepada Kepala Sekolah. Kami juga memberikan hadiah secara simbolis dengan memberikan 2 buah Handsinitizer untuk SD Karang Paiton. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk bersama dan anak-anak bisa mempratikkan hidup bersih sehat di lingkungan sekolah,” pungkas Anis Koordinator Proker PHBS. (Ndy/Ndy)