Bupati Lumajang Canangkan Pengembangan Padi Organik di Desa Sumbermujur

oleh -2.854 views
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama Muspida melakukan Pencanangan Tanam Pengembangan Padi Organik di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada hari Rabu (19/02/2020) pukul 09.00 wib.

LUMAJANG, suluhdesa.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama Muspida melakukan Pencanangan Tanam Pengembangan Padi Organik di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada hari Rabu (19/02/2020) pukul 09.00 wib. Pemerintah menargetkan 45 hektar untuk dijadikan daerah pertanian organik. Cak Thoriq menilai, pertanian organik akan berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian baru di Lumajang.

Bupati menjelaskan bahwa pertanian organik tidak hanya bernilai ekonomis tinggi, pertanian organik juga penting untuk perbaikan ekosistem pertanian yang kian rusak terpapar bahan sintetik atau kimiawi seperti penggunaan pestisida.

“Organik itu kita sudah merasakan harga sangat bersaing, sangat kompetitif dan pasar organik sangat banyak yang membutuhkan beras organik, kalau ini menjadi produktivitas para petani maka akan menumbuhkan perekonomian baru bagi para petani,” jelasnya.

Baca Juga:  Satsabhara Polres Probolinggo Kota Bagikan Hand Sanitizer Gratis Kepada Masyarakat

Tak hanya bisa mengembalikan kesuburan tanah, pasar hasil pertanian organik juga sangat bersaing. Masyarakat mulai paham tentang pentingnya mengkonsumsi hasil pertanian organik. Kemasan beras organik dari Lumajang harus diperbaiki agar menjadi branding yang menarik dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki daerah lain.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Paiman menjelaskan bahwa, pencanangan ini diadakan dalam rangka mewujudkan Lumajang sebagai lumbung padi organik. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Pencanangan Sukses Penyuluh Komunikasi Bermartabat (Suluh Kober). Ada 1.109 kelompok tani dan sekitar 50 persen sudah menerapkan pertanian organik.

Baca Juga:  Bentrok Massa Antara Dua Kelompok Terjadi di Sukabumi

“Semua kelompok tani di Lumajang siap mendukung program pertanian organik,” pungkasnya. (Ndy/Ndy)