APBD Kabupaten Kupang Tidak Cukup Biayai Program Unggulan Masyarakat

oleh -418 views
Anggota DPRD Kabupaten Kupang Dapil I, Sofia Malelak, Cs saat menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kupang di Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa (18/02/2020) di Gedung Gereja Emanuel Baumata, Taebenu, Kabupaten Kupang.

KUPANG, suluhdesa.com – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Kupang (APBD) Tidak Cukup Untuk Biayai Seluruh Program Unggulan Masyarakat Kabupaten Kupang.

Demikian penyampaian Anggota DPRD Kabupaten Kupang Dapil I, Sofia Malelak, Cs saat menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kupang di Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa (18/02/2020) di Gedung Gereja Emanuel Baumata, Taebenu, Kabupaten Kupang.

Musrembangcam merupakan saluran resmi atau kanal aspirasi masyarakat dalam memperjuangkan aspek-aspek memadai pembangunan. Musrembangcam wadah strategis saluran aspirasi yang akan dituang dalam penganggaran daerah.

Baca Juga:  Para Tokoh Negeri Pandan Tunjuk Hariri RC Jadi Petugas Pencatatan Nikah

“Sayangnya saya pantau kehadiran pemangku kepentingan (stakeholders) wilayah Taebenu lebih sedikit daripada jumlah OPD yang hadir di Musrembangcam ini,” ujar Sofi Malelak kritis.

Terkait Musrembangcam Taebenu tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Kupang asal Taebenu, Dominggus Atimeta pada kesempatan bicaranya juga mengingatkan bahwa Anggaran Pemda Kabupaten Kupang tidak cukup untuk membiayai seluruh program prioritas pembangunan masyarakat.

Baca Juga:  Kodim 1604/Kupang Gelar TMMD Ke-108 di Desa Oebesi

“Tetapi ijinkan kami agar semua rencana program 8 desa di Taebenu dikawal oleh kami DPRD Dapil I Taebenu,” tandas Domi.

Apakah akumulasi program unggulan Kabupaten akan terakomodir dalam prioritas rencana pembangunan Taebenu atau desa? Sofi Malelak dan Domi Atimeta Cs tegaskan bahwa justeru DPRD hadir sebagai representasi masyarakat di lembaga terhormat. Oleh karena itu tugasnya DPRD adalah mengawal program-program penting masyarakat di tingkat Kabupaten.

Baca Juga:  Kata Dandim Kendari, Tentara Adalah Manusia yang Disempurnakan

Pada umumnya Pokir DPRD Kabupaten Kupang tidak jauh berbeda dari program unggulan masyarakat. DPRD mendukung semua program unggulan masyarakat Taebenu.

Di akhir penyampaian Pokir DPRD Kabupaten Kupang, Sofi Malelak dan Domi Atimeta meminta masyarakat dan DPRD harus mempunyai pemahaman bersama soal program 5 P (pertanian, peternakan, perkebunan,  perikanan kelautan dan Pariwisata) Pemerintah Kabupaten Kupang agar pembangunan daerah dan wilayah terintegrasi untuk kepentingan masyarakat Taebenu.

Hadir pada Kesempatan itu Anggota DPRD Kabupaten Kupang Dapil I yang lain yakni Yakobus Klau dari PKB, David Daud dari PSI. (kt/red)