Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Jember Lakukan Penyuluhan PHBS di SD

oleh -282 views
Mahasiswa KKN kelompok 38 Universitas Muhammadiyah Jember, Provinsi Jawa Timur mengadakan penyuluhan PHBS (Pola Hidup Sehat dan Bersih) di tingkat Sekolah Dasar

JEMBER, suluhdesa.com – Mahasiswa KKN kelompok 38 Universitas Muhammadiyah Jember, Provinsi Jawa Timur mengadakan penyuluhan PHBS (Pola Hidup Sehat dan Bersih) di tingkat Sekolah Dasar sebagai salah satu bentuk menumbuhkan betapa pentingnya kesehatan di kehidupan sehari-hari.

Pengadaan kegiatan penyuluhan ini berlangsung di dua Sekolah Dasar yaitu SD Negeri 02 Sumber Ketempa dan SD Negeri 03 Sumber Ketempa. Penyuluhan ini disambut baik oleh kepala UPT masing-masing sekolah dan juga guru-guru yang ada di sekolah dan dipraktikkan oleh siswa kelas 1 sampai kelas 6 dari SD Negeri 02 Sumber Ketempa dan siswa kelas 3 sampai kelas 6 dari SD Negeri 03 Sumber Ketempa.

Baca juga; https://suluhdesa.com/2020/02/17/peduli-lansia-mahasiswa-kkn-universitas-muhammadiyah-jember-sumbangkan-alat-kesehatan/

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Klinik King Care Bagi Masker untuk Seluruh Jurnalis di Kota Kupang

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN melakukan penyuluhan PHBS kepada anak-anak sekolah dasar untuk mengenalkan betapa pentingnya hidup sehat setiap hari dan memulai hidup sehat dengan hal yang paling kecil terlebih dahulu seperti melakukan cuci tangan.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua hari, para mahasiswa dan pihak sekolah sepakat mengambil hari Rabu (12/02/2020) dan Kamis (13/02/2020). Hari Rabu tanggal 12 Februari 2020 penyuluhan dilaksanakan di SD Negeri 02 Sumber Ketempa dan hari Kamis tanggal 13 Februari 2020 penyuluhan dilaksanakan di SD Negeri 03 Sumber Ketempa.

Baca Juga:  Polres ProbolinggoKota Kerahkan Mobil Water Canon Semprot Disinfektan di Jalanan

“Kebiasaan/perilaku sehat yang dilakukan oleh setiap guru, siswa, penjaga sekolah, petugas kantin atau warung sekolah, orang tua siswa, dan lain-lain yang dengan kesadarannya adalah untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di sekolah secara mandiri itu wajib dilakukan setiap hari,” kata Puspa salah satu pengisi penyuluhan.

Kepala UPT SD Negeri 02 Sumber Ketempa Drs. Sri Wahyuni yang mewakili pihak sekolah mengucapkan terima kasih karena para mahasiswa KKN melakukan penyuluhan PHBS di SD Negeri 02 Sumber Ketempa,.

Baca Juga:  Terdampak Covid-19, Ribuan Fakir Miskin di Probolinggo Terima Sembako

“Sejujurnya anak-anak kami di sini butuh perhatian lebih. Semoga adik-adik bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk memberikan ilmu yang bermanfaat kepada anak-anak kami,” pintanya. 

Di dalam kegiatan penyuluhan PHBS ini, Wisnu, salah satu mahasiswa KKN yang termasuk Ketua Kelompok 38 memberi sambutan tentang penyakit hepatitis dengan memberi penyuluhan pola hidup sehat cuci tangan dengan benar.

“Sesuai dengan arahan dari pihak kecamatan bahwa di Jember sedang marak penyakit hepatitis,  jadi kami kelompok 38 memberikan penyuluhan tentang pencegahannya yakni dengan cara hidup bersih dan sehat sekaligus memberikan praktik langsung tentang 6 langkah cuci tangan,” papar Wisnu. (ndy/ndy)