Danramil 1605-09 Biuduk Foho Mendapat Tugas Sosialisasi Tanam Kelor

oleh -367 views
Komandan Rayon Militer (Danramil) 1605-09 Biuduk Foho yang juga sebagai pejabat sementara (PJS) Danramil 1605-05 Kobalima Kodim 1605/ Belu Lettu Inf. Leo Soares

MALAKA, suluhdesa.com – Komandan Rayon Militer (Danramil) 1605-09 Biuduk Foho yang juga sebagai pejabat sementara (PJS) Danramil 1605-05 Kobalima Kodim 1605/ Belu Lettu Inf. Leo Soares siap memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah kerjanya agar di setiap rumah, masyarakat menanam kelor paling sedikit lima pohon. Hal ini dikatakannya pada saat persiapan rapat bersama Muspica di Kantor Camat Kobalima, Kabupaten Malaka, NTT, Selasa (11/02/2020).

Kata Danramil Leo, dirinya sudah mendapat tugas dari Komandan Kodim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho yang memerintahkan Babinsa untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah binaannya masing – masing.

“Menurut Bapak Dandim, kawasan di Kabupaten Malaka dan kawasan lain di NTT memang cocok untuk penanaman pohon kelor. Selain di Malaka, TNI juga sudah menanam pohon kelor di berbagai tempat di NTT, seperti di Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu, dan juga Pulau Alor. Hasil daun kelor di kawasan Kabupaten Malaka berkualitas tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain,” jelas Danramil Leo.

Baca Juga:  Dalam Kasus Wartawan Sergap.id di Malaka, Tim Advokat; Sudah Ada Rekayasa

Pohon kelor ini diambil daunnya untuk kemudian dikeringkan dan digiling menjadi tepung. Permintaan atas tepung kelor ini sangat tinggi. Daun kelor dicari negara-negara seperti Korea dan China untuk dijadikan obat dari berbagai macam penyakit dan berbagai bahan kecantikan serta kosmetik.

Pohon kelor ini sering ditulis dalam Bahasa Latin yakni Moringa Oleifera. (edi.s/edi.s)