Berkas Kasus MeMiles Dinyatakan Lengkap, Siap Dikirim ke Kejaksaan

oleh -481 views
Alat bukti lainnya seperti uang tunai senilai Rp 147,8 miliar. yang disita dari investasi bodong MeMiles oleh Polda Jawa Timur.

SURABAYA, suluhdesa.com – Kasus investasi bodong yang banyak melibatkan artis, kini penyidikan telah usai dan berkas semua dari kasus tersebut dinyatakan sudah lengkap dan siap dikirim ke kejaksaan pada Selasa (11/02/2020).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penyidikan dalam kasus MeMiles tersebut, telah memakan waktu dua bulan. Namun kini berkasnya telah lengkap.

“Untuk kasus MeMiles, sudah kurun waktu sejak Desember hingga saat ini 2 bulan kurang lebih, penyidik sudah menyatakan lengkap buat berkas perkara. Artinya hari ini, sesuai dengan administrasi penyidikan sebagaimana komitmen Kapolda, akan menyampaikan perkembangan, saat dinyatakan lengkap,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya pada hari Senin (10/02/2020).

Baca Juga:  3 Kota Akan Lakukan PSBB, Kapolda Jatim; Masyarakat Harus Tahu Aturan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko juga mengatakan, dalam berkas tersebut tertulis adanya lima tersangka yang disidik. Kelima tersangka dalam kasus tersebut adalah Kamal Tarachan atau Sanjay sebagai Direktur Utama PT Kam and Kam yang menaungi MeMiles, Suhanda sebagai Manager, Martini Luisa alias dr. Eva sebagai motivator yang menggaet para member, Prima Hendika sebagai Ahli IT, dan Sri Widya atau Wiwit sebagai penyalur barang reward member.

“Tetap tersangka ada 5. Kemudian alat bukti lainnya seperti uang tunai terakhir Rp 147,8 miliar. Kendaraan sejumlah 28 unit roda empat dan 3 unit roda dua, ini menjadi bagian dari kelengkapan berkas,” bebernya.

Baca Juga:  Umat Curiga, PT. YKI Miliki Kerja Sama Dengan Keuskupan Maumere

Berkas yang rencananya dikirim pada hari Selasa, nantinya akan ditinjau kelengkapan oleh kejaksaan terlebih dahulu. Jika telah dinyatakan lengkap atau P21, Polda Jatim siap melakukan tahap dua dengan mengirim tersangka dan barang bukti.

“Namun secara tahap 1, ini kan criminal justice system, penyidik ranah tugasnya melakukan penyidikan, dan dinyatakan selesai kemudian mengirimkan berkas perkara tahap 1 kepada Jaksa Penuntut Umum dan Jaksa Penuntut Umum ini nanti akan melakukan proses penelitian berkas perkara, apakah dikatakan lengkap, apakah ada petunjuk. Tentu ada petunjuk dari kejaksaan kepada penyidik,” paparnya.

Baca Juga:  Gudang Ekspedisi di Surabaya Digeledah Densus 88 Terkait Teroris

Menurutnya kalau lengkap, alat bukti akan dikirimkan tahap 2 tersangka atau alat bukti. Kemudian JPU akan melakukan proses penuntutan.

“Hari ini tepatnya (Senin) berkasnya sudah lengkap. Besok (Selasa) langsung menyerahkan berkas perkara kepada JPU,” pungkasnya. (sum/sum).