Masyarakat Desa Klanting Kerja Bakti; untuk Terciptanya Kekompakan dan Kebersamaan

oleh -370 views
Masyarakat Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur melakukan kerja bakti bersih-bersih di lapangan Desa Klanting pada Minggu (09/02/2020).

LUMAJANG, suluhdesa.com – Dalam rangka menerapkan nilai-nilai Pancasila, khususnya Sila Ketiga, masyarakat Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur melakukan kerja bakti bersih-bersih di lapangan Desa Klanting pada Minggu (09/02/2020). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, baik muda maupun dewasa. Meskipun lokasi kegiatan diguyur hujan sejak pagi, namun tidak menjadi hambatan dan menyurutkan rasa gotong royong serta semangat mereka.

Menurut Galih Yuda Pratama selaku koordinator kegiatan, digagasnya kegiatan ini bertujuan untuk terciptanya kekompakan dan semangat kebersamaan serta melestarikan salah satu budaya Indonesia yaitu gotong royong. Di mana budaya inilah yang mulai luntur di jaman sekarang ini.

“Dilaksanakannya kegiatan ini dengan tujuan untuk menjalin kebersamaan antar lapisan masyarakat yang ada di Desa Klanting,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ini Dia, Terapi Lawan COVID-19 yang Dilakukan Babinsa Koramil 0820/14 Besuk

Dhuha Rozak, salah satu peserta kegiatan berharap agar masyarakat Desa Klanting, khususnya pemuda sebagai generasi penerus bangsa bisa terus melestarikan budaya-budaya yang mulai luntur karena perkembangan jaman.

“Harapannya, melalui kegiatan ini masyarakat bisa bersatu untuk mewujudkan Desa Klanting lebih maju dan pemuda-pemuda lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” ungkap anak yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas itu.

Baca Juga:  Seorang Perempuan Korban Pemerkosaan di Surabaya Ditemukan Bugil

Hal senada juga disampaikan oleh Puji Harianto bahwa kegiatan semacam ini merupakan salah satu kegiatan positif di lingkungan kehidupan dalam bermasyarakat. Terlebih bagi pemuda agar menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki sifat peduli terhadap lingkungan sekitar dan terus melestarikan budaya-budaya gotong royong. (M. Dandy Kris Indrawan/dandy)