OMK Kelapa Lima Gelar Diskusi Kitab Suci Dengan RD Sipri Senda

oleh -517 views
Orang Muda Katolik Stasi Antonius Padua-Kelapa Lima, Kota Kupang menggelar kegiatan diskusi Kitab Suci dengan menghadirkan RD Sipri Senda yang merupakan Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang bersama para relawan.

KUPANG, suluhdesa.com – Ada yang menarik di penghujung bulan Januari 2020. Orang Muda Katolik Stasi Antonius Padua-Kelapa Lima, Kota Kupang menggelar kegiatan diskusi Kitab Suci dengan menghadirkan RD Sipri Senda yang merupakan Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang bersama para relawan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (31/01/2020) lalu di Gereja Stasi Antonius Padua-Kelapa Lima ini adalah respon positif orang muda atas undangan Sri Paus dalam ‘Aperuit Illis’ untuk mendalami Kitab Suci.

Ketua Stasi Vinsen Boyani mendukung dengan sukacita kegiatan ini sembari mengajak orang muda untuk mendalami iman Katolik.

Baca Juga:  Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang Adakan Pelatihan Membuat Renungan

“Gereja kami sedang dalam pembangunan fisik. Tetapi kami juga merindukan pembangunan gereja secara rohani yakni pendalaman iman seperti ini,” ungkapnya.

Selus, Ketua OMK Stasi Kelapa Lima, dalam sapaan awalnya mengungkapkan kebahagiaannya mendapat kunjungan dari Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang. Ia berharap agar moment ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh teman-temannya Orang Muda Katolik di stasi Kelapa Lima.

RD Sipri senda memaparkan secara garis besar Kitab Suci Katolik dari jumlah kitab,  pengelompokan kitab dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, serta sejarah perkembangan Gereja.

Baca Juga:  Pesparani Nasional di Kupang; 30.000 Orang Nyanyi Haleluya Handel, Papua Barat Carter Pesawat

Dalam sesi tanya jawab, Orang Muda Katoli yang telah menantikan kesempatan ini langsung mengutarakan pertanyaan-pertanyaan mereka yang selama ini menjadi ketidakmengertian mereka.

Mereka bertanya tentang perbedaan secara umum teologi Katolik dan Protestan, tentang Bunda Maria dalam Kitab Suci, tentang dasar biblis sakramen-sakramen dalam Gereja Katolik, tentang siapakah Markus dan Lukas yang bukan bagian dari 12 Rasul tetapi menulis Injil, tentang Teofilus, tentang sikap liturgi yang benar saat pembacaan Sabda Allah dalam misa, dan masih banyak hal lain tentang iman katolik.

Sr Agatha KYM yang turut hadir dalam kegiatan ini meminta pencerahan dari narasumber berkaitan dengan derma, stipendium dan Iura Stolae. RD Sipri menjawab semua pertanyaan sambil merujuk pada Kitab Suci, Tradisi Suci, dan Magisterium.

Baca Juga:  RD Sipri Senda Sharing Kitab Suci Bersama Umat Stasi Oekabiti

Kegiatan ini berlangsung menarik hingga OMK meminta penambahan waktu dari yang telah disepakati karena masih banyak pertanyaan yang mau ditanyakan. RD Sipri Senda mengiyakannya dengan gembira. Ketua OMK berharap agar kegiatan seperti ini menjadi program tetap karena sangat bermanfaat bagi orang muda. (Yohanes Bahy, red.)