Kades Kakaniuk Pimpin Aparat Desa Bersihkan Lokasi Wisata Bendungan Benenain

oleh -152 views
Kades Kakaniuk Kakaniuk Petronela Luruk Gunakan Kaos Kuning Bergaris memimpin warganya membersihkan daerah wisata Bendungan Benenain.

MALAKA, suluhdesa.com – Kepala Desa  Kakaniuk Petronela Luruk di Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT bersama aparatur desa melaksanakan kegiatan Jumat Bersih, sebagai salah satu program wajib dari Pemerintah Kabupaten Malaka di bawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran.

“Setiap hari Jumat dalam minggu, saya bersama aparatur desa dan masyarakat melaksanakan kegiatan Jumat Bersih, membersihkan pinggir jalan dan lokasi-lokasi yang penting seperti kantor desa dan fasilitas umum lainnya,” kata Petronela ketika dikonfirmasi pada hari Jumat (24/01/2020).

Diungkapkannya, untuk Jumat Bersih dalam minggu ini dirinya bersama aparat desa membersihkan lokasi Wisata Desa yang ada di Bendungan Benenain.

Baca Juga:  Danramil 1605-09 Biuduk Foho Mendapat Tugas Sosialisasi Tanam Kelor

“Sudah dua minggu ini kami fokus bersihkan dan tata lokasi di Bendungan Benenain yang akan kami jadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malaka. Pada saatnya akan kami buka untuk umum setelah berkoordinasi untuk peresmiannya,” ungkap Kepala Desa Kakaniuk dua periode ini.

Lebih lanjut, mantan pegiat LSM Oxfam GB ini mengaku bahwa lokasi wisata yang ada dibangun bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 dengan memperhatikan kearifan lokal dan belajar dari beberapa daerah yang dikunjunginya.

Baca Juga:  Kades Bone Tasea Maki Warga yang Terlambat Berikan Uang Usai Terima BLT

“Saya belajar dari beberapa destinasi wisata yang dikunjungi dan kami coba terapkan di desa kami. Masyarakat juga menyetujuinya sehingga kami bisa laksanakan kegiatan pembangunan di lokasi ini,” tukasnya.

Ditanya soal manajemen pengelolaan, dirinya mengemukakan bahwa akan dikelola oleh BUMDes Kakaniuk, dan berkoordinasi dan bekerja sama dengan masyarakat, serta memberdayakan tenaga yang ada di masyarakat mengenai petugas, penjaga dan pemelihara lokasi ini.

“Intinya kami akan menjadikan lokasi ini tempat yang aman dan nyaman bagi setiap pengunjung dengan memperhatikan kebutuhannya. Karena menurut saya, pariwisata itu soal kenyamanan ketika orang berkunjung,” ujar ibu dua anak ini.

Baca Juga:  Cegah Corona, Bupati SBS Tegaskan Anak Sekolah Belajar di Rumah

Petronela juga mengatakan bahwa semua yang dikerjakan di desanya karena ada dukungan yang positif dari seluruh warga masyarakat dan pemerintahan di tingkat yang lebih tinggi.

“Semua pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang ada di desa kami, mendapat dukungan dari warga. Jika tidak, semuanya tidak akan berjalan dengan baik,” tutupnya. (edi.s/edi.s)