Cegah Stunting di Desa Tanjung Sari, Puskesmas Palas Tanam Katuk dan Kelor

oleh -230 views
Gertak penanaman katuk dan kelor tersebut dilakukan di Dusun 5 Indagri, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

LAMPUNG, suluhdesa.com – Untuk mendukung inovasi Pos Cegah Stunting (Ceting), Puskesmas Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung melakukan Gerakan Serentak (Gertak) penanaman katuk dan kelor, pada hari Jumat (17/01/2020).

Gertak penanaman katuk dan kelor tersebut dilakukan di Dusun 5 Indagri, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Hadir pada kegiatan itu adalah Kupt Puskesmas Palas Rosmeli Skm, Mkes, Sekcam Palas Dermawan, SE, Kades Tanjung Sari Jarwono beserta aparatur, Kader Posyandu Pokja 1-4 Desa Tanjung Sari, PKK, tokoh masyarakat dan pelajar.

Pantauan Media SULUH DESA, Kupt Puskesmas Palas Rosmeli memberikan arahan kepada seluruh lintas sektor yang hadir sebelum melakukan penanaman katuk dan kelor.

Baca Juga:  Pemkab Malaka Sambut Dua Kader Pendamping Desa Model

Usai penanaman katuk dan kelor, Kupt Puskesmas Palas Rosmeli menerangkan kegiatan yang dilakukan pihaknya di Desa Tanjung Sari.

Dikatakannya, guna menurunkan angka stunting di Desa Tanjung Sari pihaknya mengajak seluruh lintas sektor dan elemen desa untuk menanam katuk dan kelor sebab melalui penanaman katuk dan kelor dapat menekan stunting, terutama pada katuk yang memiliki kalsium tinggi sehingga akan menambah gizi.

“Untuk menyelesaikan masalah stunting tidak bisa dilakukan sendiri melainkan seluruh lintas sektor, kami melakukan ini bukan ditunjuk tetapi dari laporan yang kami terima bahwa desa ini memiliki tingkat angka stuntingnya tinggi yakni 29% sementara target nasional di bawah 20%. Ayo kita sama-sama baik dari lintas sektor, masyarakat untuk menekan angka stunting yang tinggi, dengan menanam katuk,” katanya.

Jarwono Kades Tanjung Sari mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Puskesmas yang telah memberikan arahan dan himbauannya.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL, Buatkan Jamban Warga Perbatasan

Dirinya mengapresiasi Gertak penanaman katuk dan kelor yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Palas.

“Kami selaku Pemdes Tanjung Sari mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pihak kesehatan. Dengan ditunjuknya desa kami sebagai lokus stunting yang angkanya tinggi, Kami Pemdes akan fokus guna menekan tingginya angka tersebut,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Darmawan Sekcam Palas. Ia berharap kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Desa untuk selalu menekan tingginya stunting.

Baca Juga:  182 Warga Kunjir-Lampung Terima Sertifikat Tanah

“Kegiatan ini adalah sebuah terobosan yang baik. Melalui Gertak nantinya kita akan kembangkan terus ke desa lain yang berada di Kecamatan Palas ini,” tutupnya. (saf/saf)