oleh

50 Rumah di Sukapura Sragi Terendam Banjir, PMI Lamsel Bantu Evakuasi

LAMPUNG, suluhdesa.com – Akibat hujan deras, sebanyak 50 rumah di Desa Sukapura, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung terendam banjir.

Bencana banjir kali ini merupakan yang terparah dari biasanya, karena desa setempat memang sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

Berdasarkan informasi tim PMI Cabang Lampung Selatan saat melakukan evakuasi di lokasi, Selamet Riyadi mengatakan bahwa, wilayah terdampak banjir yakni di dusun 1, 2, 3, 5, 4 dan 7 Desa Sukapura, Kecamatan Sragi.

Baca Juga:  Warga Semanak-Lampung Gembira Karena Jalan Menuju Kebun Dirabat Beton

Selain rumah warga, sedikitnya 40 kolam ikan warga terdampak. Ada pun kerugian ditaksir mencapai 600 juta.

“50 rumah terendam dengan jumlah jiwa kurang lebih 200 jiwa diantaranya 4 jiwa Lansia, Ibu hamil dan 4 balita. Terdampak lain 40 kolam ikan warga,” ujar tim PMI Cabang Lampung Selatan Selamet Riyadi kepada media melalui telepon selulernya pada hari Jumat (10/01/2020) malam.

Baca Juga:  Pasca Meluapnya Kali Motadelek, Pemkab Malaka Lakukan Pemulihan

Selamet Riyadi mengatakan, kondisi banjir diperkirakan mencapai lutut orang dewasa. Sebanyak 4 KK, 1 Lansia dan Ibu Hamil harus mengungsi.

“Keterangan warga setempat banjir memang terjadi setiap tahun dan ini adalah banjir yang terparah sejak 5 tahun terakhir. Ini disebabkan curah hujan yang tinggi dan disinyalir buruknya drainase atau irigasi di dusun tersebut juga memperparah tingginya air. Perlunya pelebaran dan normalisasi drainase bisa menjadi solusi terbaik,” jelasnya.

Baca Juga:  Pelatihan Tupoksi BPD Kalirejo, Camat Palas Harap Pemdes dan BPD Bersinergi

Kemudian lanjut Riyadi, hingga pukul 21.30 wib, debit air sudah mulai surut, namun jika turun hujan lebat kemungkinan air akan naik kembali. Sementara itu, untuk kebutuhan warga belum teridentifikasi, karena warga masih bisa mengungsi ke rumah saudara atau warga setempat.

“Saat ini kami (PMI Lamsel) masih di lokasi, bersama Bapak Camat Sragi, Babinsa Desa Sukapura, Kecamatan Sragi masih standby di lokasi,” pungkasnya. (aan/ar/saf)

Komentar

News Feed