Pemdes Jondong-Lampung Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

oleh -410 views
Pemerintah Desa Jondong, Kecamatan kalianda, Kabupaten lampung Selatan, Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, BPD, serta LPM Desa Jondong yang berlangsung di kantor desa setempat pada Rabu (08/01/2020).

LAMPUNG, suluhdesa.com – Pemerintah Desa Jondong, Kecamatan kalianda, Kabupaten lampung Selatan, Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, BPD, serta LPM Desa Jondong  yang berlangsung di kantor desa setempat pada Rabu (08/01/2020).

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Desa Jondong Abdullah, yang  mewakili Kepala Desa Jondong Zakaria. Turut hadir dalam kegiatan tersebut BPD beserta Anggota, LPM beserta Anggota, dan aparat desa setempat.

Dalam kegiatan pelatihan itu menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Staf Kecamatan Kalianda Suraji, Hasyim, Zaini dan Pendamping Desa M. Marwan beserta anggota.

Baca Juga:  Warga Semanak-Lampung Gembira Karena Jalan Menuju Kebun Dirabat Beton

Dalam arahannya, Camat Zaidan, SE diwakili oleh Hasyim dan dalam perkataan sambutan  mengatakan, pelatihan ini sangat penting dalam menunjang berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah desa.

“Kepada setiap aparatur diharapkan agar melalui pelatihan ini memberikan dampak positif dalam seluruh kegiatan di desa dan terutama untuk penggunaan dana desa,” ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting sehingga aparatur dapat desa mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing serta mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penata usaha dan pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa dan terampil dalam pembuatan sistem keuangan desa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dorong Perekonomian Digital di Daerah, AFPI dan OJK Gelar FinEast 2020 di Kupang

Sementara itu, Kepala Desa Zakaria yang diwakili Sekretaris Abdullah  mengatakan kegiatan ini sebagai acuan yang sangat berarti dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah desa dan juga mengetahui tentang manajemen administrasi desa.

Dirinya juga berharap kegiatan ini senantiasa menjadi motivasi bagi aparatur untuk bekerja memajukan wilayah desa.

Selain itu Pendamping Desa Kecamatan Kalianda M. Marwan menjelaskan jika kegiatan ini sebagai salah satu nilai tambah bagi aparatur untuk memahami dan mengetahui tentang kebijakan umum program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan implementasi UU Nomor 20 tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

“Untuk diketahui melalui kegiatan ini diharapkan para aparatur desa dapat mengelola pembangunan desa sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelestarian kegiatan serta mampu menyusun dokumen RPJMDes, Dokumen RKPDes dan Dokumen APBDes,” tutupnya. (iwan/saf)