Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik

oleh -269 views
Rahmat Taufik

OPINI, suluhdesa.com – Pendidikan madrasah merupakan salah satu pilar utama dalam membangun umat dan bangsa. Pendidikan madrasah mampu melahirkan para generasi yang mumpuni dan heroik, membawa perubahan, pencipta peradaban republik, pelengkap sejarah masa mendatang, pencetus teknologi, agen pembaharu insan kamil.

Generasi madrasah merupakan calon pemimpin tangguh, figur yang turut meneteskan darah dan air mata dalam mengisi kemerdekaan, yang mendiami beberapa pulau besar di bumi Pertiwi.

Madrasah tidak pernah lekang dalam zaman, madrasah terus berkarya dalam pengabdian, melahirkan karya – karya mashur tersohor hingga ke pelosok negeri. Para pendidik dan cerdik pandai, dosen dan guru besar, ASN dan pejabat teras di lingkup instansi, para bidan dan perawat, serta para Mubaligh dan DAI, mereka sebagian besar berasal dari rahim madrasah. Madrasah kekinian mempertontonkan kepiawaian dan kegagahan dalam publik dan dunia, bahwa madrasah tidak seperti dulu lagi.

Baca Juga:  Cegah Corona, MUI Kabupaten Malaka Imbau Umat Muslim untuk Sholat di Rumah

Madrasah di Lembata pada generasi 70 an seperti hidup enggan mati tak mau. Berlantai debu, berdinding bambu, beratap alang-alang, siswa berpakaian apa adanya, guru hanya bersendal jepit berbaju lusuh, tapak kakinya membekas pada debu dan lumpur karena menempuh jauh perjalanan, guratan tangan guru menoreh aksara membekas pada papan tulis dan ingatan anak, uang honor BP3 tak mampu memenuhi kebutuhan, namun mereka mampu menorehkan tinta emas sejarah di bumi Uyelewun, mereka selalu berjiwa besar menghidupkan madrasah dari cucuran keringat dan keletihan raga tanpa pamrih, karena mereka berprinsip “ikhlas beramal” dan memberi sampai habis. Itulah guru tanpa tanda jasa.

Baca Juga:  Penjabat Kades Meluwiting 1 Lantik Aparatur Desa

Madrasah memiliki ikon pilihan utama bagi anak, karena madrasah memiliki dua dimensi yang searah yakni intelektual keilmuan dan pendidikan keagamaan. Madrasah merupakan lembaga berciri khas, memiliki keunggulan – keunggulan yang patut diperhitungkan dalam perhelatan dunia pendidikan bangsa ini. Dari generasi ke generasi, lembaga ini tetap kokoh dan eksis berdiri tegak di atas pundak nusantara yang membentuk manusia seutuhnya dalam ber Leu Au, beragama, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:  Pendidikan Vokasi Itu Penting, Tapi Indonesia juga Butuh Pemikir

Oleh karena itu, dalam menjemput dunia industri 4,0 mari kita siapkan generasi yang membaja secara iman dan kompetisi akal yang memadai serta mari kita rapatkan barisan ukhwah dan siapkan generasi sehat yang sholeh – sholehah di masa depan, juga menciptakan generasi unggul dalam pengetahuan dan berakhlakulkarimah yang sejati.

Ayo Ke Madrasah. Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik.

SELAMAT HAB KEMENTERIAN AGAMA RI KE 74

Oleh : Rahmat Taufik, S. Pd (Alumni MIN I Lembata 2003)