Pemdes Hargo Pancuran Laksanakan Pelatihan Aparatur Desa dan BPD

oleh -515 views
Dua pelatihan tersebut dihadiri, Kades Hargo Pancuran Syarif Hidayat, Ketua BPD Desa Hargo Pancuran Surono, Sekdes Hargo Pancuran Rusli, sementara untuk narasumber adalah Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng.

LAMPUNG, suluhdesa.com – Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan BPD.

Hasil dari pantauan Media SULUH DESA di lapangan, dua kegiatan pelatihan dilaksanakan di balai desa setempat dan diawali dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD, kemudian disusul Pelatihan Kapasitas Aparatur desa pada Kamis (27/12/2019).

Dua pelatihan tersebut dihadiri, Kades Hargo Pancuran Syarif Hidayat, Ketua BPD Desa Hargo Pancuran Surono, Sekdes Hargo Pancuran Rusli, sementara untuk narasumber adalah Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng.

Baca Juga:  Pemdes Kalirejo Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Satu persatu kegiatan dilaksanakan dan diikuti dengan serius oleh seluruh peserta baik aparatur desa maupun BPD. Masing-masing peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Usai Dua kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Dan BPD, Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng, saat diwawancarai wartawan di balai desa setempat mengungkapkan bahwa, dua kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Hargo Pancuran bertujuan untuk memantapkan ilmu Pemerintahan Desa dan ilmu BPD, serta untuk lebih mengetahui Tupoksi dari kedua lembaga yang ada di desa.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Bangun Jamban di Rumah Bapak Tejo

“Dua pelatihan ini dilaksanakan secara bergilir yang dimulai dari pelatihan BPD kemudian pelatihan aparatur desa, sengaja kita berikan materi-materi dalam pelatihan tersebut dengan tujuan agar mereka dapat memantapkan kembali ilmunya dan lebih mengetahui Tupoksinya,” ungkap Sugeng.

Sedangkan Kades Hargo Pancuran Syarif Hidayat, mengatakan jikalau pelatihan yang dilaksanakan oleh pihaknya merupakan rangkaian kegiatan pemberdayaan yang menggunakan dana desa.

“Betul kata pak Sugeng, tujuannya agar mereka dapat lebih memiliki ilmu tentang Kepemerintahan Desa dan BPD, jika mereka sudah memahaminya Insya Allah kedua lembaga ini akan harmonis dan jika harmonis maka rencana pembangunan desa akan berjalan dengan baik lagi,” katanya.

Baca Juga:  Kapendam I/BB; Terus Tumbuhkan Kecintaan Rakyat kepada TNI Melalui Bhakti Prajurit

Hal senada dikatakan Surono BPD Desa Hargo Pancuran. Dirinya menambahkan, untuk kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD sangat penting bagi anggotanya.

Surono yakin dengan kegiatan tersebut akan meningkatkan SDM para anggota dan juga dirinya.

“Salah satu untuk meningkatkan SDM kita adalah pelatihan semacam ini, jika SDM kita meningkat maka apa pun yang kita kerjakan akan meningkat lebih baik lagi,” tutup Surono. (Saf/Saf)