Bahas Persiapan Ruwat Laut, Pemdes Sumur Gelar Rakor

oleh -486 views
Pemerintah Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengadakan rapat guna membahas persiapan ruwat laut yang akan diselenggarakan pada hari Jumat (27 /12/2019)

LAMPUNG, suluhdesa.com – Pemerintah Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengadakan rapat guna membahas persiapan ruwat laut yang akan diselenggarakan pada hari Jumat (27 /12/2019) yang akan datang sekaligus bertepatan dengan dekatnya tahun baru 2020.

Rapat digelar di aula Kantor Desa Sumur, dan hadir pada rapat tersebut adalah Sekretaris Desa (Sekdes) Imade Artanto, tokoh masyarakat Imade Pasti, ketua pemuda, tokoh adat, tokoh agama serta perangkat desa pada Jumat (20/12/2019).

Imade Artanto selaku Sekdes Sumur mewakili Kades yang sedang berhalangan dalam penyampaiannya mengatakan ruwat laut yang direncanakan akan dihadiri oleh Plt H. Nanang Ermanto, Kapolres Lampung Selatan, Dandim, Kapolsek, anggota DPRD, Camat Ketapang Madro’i, SE, serta seluruh Kepala desa se-Kecamatan Ketapang.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL Bantu Evakuasi Seorang Nenek Yang Terluka Parah

Menurutnya diperlukan kesiapan yang matang serta mempersiapkan segala sesuatunya karena tidak menutup kemungkinan tamu dari luar daerah akan turut hadir.

“Maka perlunya diadakan persiapan yang begitu matang jangan sampai nanti hari yang sakral tersebut, dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena mengingat ruwat laut ini nanti akan berlangsung dengan cukup meriah dan sakral,” katanya.

Baca Juga:  Tambang di Matim; Hitung Rakyat Dapat Berapa, Jangan Hitung Pemda Dapat Apa

Ditambahkannya, tentang persiapan acara harus ditetapkan semua seksi-seksi seperti dari Keamanan, Kesehatan, dan Keagamaan dan harus dijelaskan posisinya masing-masing agar tersusun strukturnya.

“Ruwat laut ini hanya diadakan setahun sekali maka dari itu kita harus benar-benar matang dengan persiapan ini dan untuk keamanannya sendiri akan kita kerahkan Linmas yang ada di Desa Sumur ini sendiri serta dipantau langsung oleh Babinsa dan Babinkamtibmas,” pungkasnya. (Iwan/Saf/AR)