Babinkamtibmas dan Babinsa Kalirejo Berikan Pelatihan Linmas

oleh -247 views
Linmas Desa Kalirejo ikuti latihan baris berbaris

LAMPUNG, suluhdesa.com – Babinkamtibmas Bripka Tony. A dan Babinsa Serda Joko. K Desa Kalirejo, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung melaksanakan pembinaan dan pelatihan Linmas Desa Kalirejo di halaman balai desa setempat pada hari Jumat (20/12/2019).

Turut mendampingi kegiatan tersebut Medi Hartono, Usman Pol PP Kecamatan Palas.

Bripka Tony. A, Babinkamtibmas Desa Kalirejo pada arahannya menerangkan, Satlinmas adalah Organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Desa atau Kelurahan yang beranggotakan warga masyarakat yang juga disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan keamanan dan ketertiban di desa, penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta turut mengamankan jalannya Pemilu.

Baca Juga:  Pemdes Kunjir Gelar Tabligh Akbar Mengenang Korban Tsunami

“Istilah Linmas merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” terangnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan satuan Linmas Desa Kalirejo akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tanggung jawabnya untuk menjaga stabilitas keamanan lingkungan desa.

“Untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas,” Imbuhnya.

Baca Juga:  Bahas Persiapan Ruwat Laut, Pemdes Sumur Gelar Rakor

Kemudian, Serda Joko. K pada
Pembekalan materinya mengatakan, fungsi linmas adalah membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat.

Selanjutnya membantu membina masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

“Fungsi linmas juga memberikan bantuan kepada pemerintah daerah, Pemerintah desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum, membantu TNI dalam upaya pertahanan negara dan membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa,” katanya.

Baca Juga:  Rajabasa Expo Tahun 2019, 16 Desa Siap Pamerkan Pembangunan Desa

Usai memberikan arahan serta pembekalan Babinkamtibmas Tony. A, dan Babinsa Serda Joko. K didampingi Medi Hartono dan Usman Pol PP Kecamatan Palas, memberikan pelatihan baris berbaris.

Terpisah, Kepala Desa Kalirejo mengungkapkan, sengaja pihaknya selaku Pemerintah Desa mengundang Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Kalirejo untuk memberikan pengarahan sekaligus pembinaan pelatihan dan pembekalan materi, supaya anggota Linmas lebih baik lagi dalam tugasnya.

“Dengan adanya pembekalan ini diharapkan Linmas akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban di desa,” pungkasnya. (Saf/Saf)