Kapolda Jatim: Jelang Natal dan Tahun Baru, Ormas Agama Dilarang Sweeping

oleh -250 views
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan

SURABAYA, suluhdesa.com – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan selain memantapkan kesiapan personel menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, juga telah menyiapkan beberapa titik antisipasi untuk penanganan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, dan juga menyiapkan 15 posko tanggap bencana.

“Dapur umum sudah ada, MCK, semua sudah ada, kita sudah siapkan semuanya untuk antisipasi bencana alam”, ucap Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan kepada wartawan pada hari Kamis, (19/12/2019). 

Kapolda juga telah melakukan pendekatan ke berbagai ormas agama untuk tidak melakukan sweeping. Dan ia menegaskan, sweeping merupakan tugas dari aparat keamanan yang memang telah diberikan tanggung jawab. 

Baca Juga:  Kodim 0820/Probolinggo Berduka, Prajurit Terbaiknya Meninggal Dunia

“Jadi silakan kalau ada hal yang lain, bisa dikoordinasikan kepada TNI dan Polri,” terangnya.

Salah satu tokoh agama dari Gereja Katolik Keuskupan Surabaya, Romo Yoseph Eko Budi Susilo yang didampingi Romo Agus Sulistio mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah berpartisipasi  melakukan pengamanan perayaan natal dan tahun baru. 

Baca Juga:  Komatda Gelar Rakor Pemaparan Capaian Program I-SEE 2019

“Memang kesiapan ini sangat ketat, karena sebelum perayaan dari kepolisian melakukan penyisiran di Gereja kami”, ucap Romo Yoseph.

Selain itu, juga ada pos pengamanan di seluruh gereja yang sudah mulai dipasang pada tanggal 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 mendatang. Dan perlu diketahui Operasi Lilin Semeru 2019 kali ini akan diselenggarakan selama 10 hari mulai dari 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 yang akan datang dengan menggandeng jajaran TNI dan Instansi terkait untuk pengamanan natal dan tahun baru. (Sum/Sum)