STIPAS KAK Gelar Seminar Pembentukan Karakter Milenial

oleh -620 views
Para peserta seminar nasional yang digelar STIPAS KAK bertempat di Hotel Cahaya Bapa, Kota Kupang pada Senin (16/12/2019) pukul 08.00 wita hingga selesai.

KUPANG, suluhdesa.com – Menjawabi perkembangan zaman dalam konteks perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Pastoral Keuskupan Agung Kupang (STIPAS KAK) memandang penting menerima isu strategis.

Esensi penyelenggaran pendidikan tidak hanya fokus pada menyiapkan calon mahasiswa dan lulusan yang menguasai sejumlah capaian pembelajaran tetapi lebih dari itu melalui pendidikan terbentuklah karakter sumber daya manusia mahasiswa dan lulusan unggul yang terintegrasi dengan seluruh aspek kehidupan.

Isu strategis tersebut menjadi rujukan bagi STIPAS KAK untuk menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pembentukan Karakter Milenial di Era 4.0” Hotel Cahaya Bapa, Kota Kupang pada Senin (16/12/2019) pukul 08.00 wita hingga selesai.

Dalam sambutan pembuka, RD. Emanuel B. S. Kase, S.Fil., MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang menjelaskan jikalau Seminar Nasional yang diadakan ini merupakan kesempatan berharga untuk menggali dan memahami lebih jauh semua kemungkinan tantangan dan peluang dan pembentukan karakter zaman ini.

RD. Emanuel juga atas nama Civitas Akademik STIPAS KAK mengucapkan terima kasih banyak dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang, Sekretaris Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si, Prof Y. L Sukestiyarno, MS., Ph.D dan RD. Drs. Gerardus B. Duka, Lic. Theol yang bersedia menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional tersebut.

Baca Juga:  Rm. Benny Susetyo; Gotong Royong, Roh untuk Bangsa Hadapi Corona

Kegiatan seminar Nasional kali ini tidak saja dihadiri peserta dari lingkaran mahasiswa tetapi juga para dosen, para Guru yang timggal di Kota Kupang maupun yang datanh dari luar Kota Kupang, serta dihadiri Biarawan-Biarawati dan undangan lainnya.

Uskup Agung Kupang Mgr.Petrus Turang sebagai Key Note Speaker dalam paparannya lebih menekankan pandangan Gereja tentang pembentukan karakter pada zaman milenial yang semuanya serba mudah diperoleh (instant).

Baca Juga:  Akreditasi 'B', Fakultas Filsafat Unwira Kupang Siap Mencetak Lulusan Yang Berdaya Guna

“Guru dan orang tua mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter anak,” tegas Mgr. Petrus. (valo/red.)