Satgas Pamtas RI-RDTL Bersama Masyarakat Bangun Saluran Irigasi di Desa Netamnanu

oleh -537 views
anggota Pos Oepoli Sungai Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, bersama masyarakat membangun saluran irigasi di desa Netamnanu, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, NTT, pada Selasa (10/12/2019).

AMFOANG, suluhdesa.com – Tumbuhkan jiwa kebersamaan TNI dan rakyat, anggota Pos Oepoli Sungai Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, bersama masyarakat membangun saluran irigasi di desa Netamnanu, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, NTT, pada Selasa (10/12/2019).

Melihat kondisi di desa ini yang tidak memiliki saluran irigasi, anggota Pos Oepoli Sungai dipimpin Komandan Pos (Danpos) Sertu Nofrianto dan 5 orang anggotanya terjun langsung ke desa tersebut dan berkordinasi dengan masyarakat bahwa anggota Pos Oepoli Sungai ingin membantu membuatkan saluran irigasi bagi masyarakat Desa Netamnanu.

Dalam kegiatan ini, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Letkol Inf Wisyudha Utama menyampaikan, kegiatan pembuatan saluran irigasi yang dilakukan oleh anggota Pos Oepoli Sungai ini adalah untuk membantu kesulitan masyarakat di Desa Netamnanu, agar bisa mengalirkan air ke sawah-sawah mereka secara merata.

Baca Juga:  PLT Bupati Lampung Selatan Lepas Keberangkatan 30 Jamaah Umrah

“Sarana penunjang, seperti pembangunan saluran irigasi, memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat dalam pertanian, saluran irigasi juga berfungsi untuk membagi arus aliran air ke masing-masing sawah, sehingga para petani tidak kesulitan dalam memperoleh air untuk mengairi sawah mereka,” ucap Dansatgas.

Dansatgas berharap semoga dengan adanya kerja sama antara TNI dan masyarakat, dalam pembuatan saluran irigasi ini dapat selalu terjalin silahturahmi, dan semakin kompak bersama masyarakat yang ada di perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Sambil berkerja, Danpos Oepoli Sungai Sertu Nofrianto menghimbau kepada warga, agar pembangunan irigasi yang telah dibangun bersama-sama ini, supaya selalu dijaga, sehingga fungsi utama dari irigasi tersebut dapat tercapai.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Gelar Penyuluhan Pertanian Berbasis Alternatif

Sementara itu, Petrus sila (53) warga Desa Netemnanu, mengucapkan terima kasih kepada anggota Pos Oepoli Sungai Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS.

“Dengan adanya anggota TNI di sini yang sudah membuat saluran irigasi, tentunya sangat berguna bagi masyarakat perbatasan. Karena saluran irigasi ini merupakan kebutuhan penting kami di sini,” pungkas Petrus. (edi.s/edi.s)