Atap Kelas SD Rubuh, Tipikor Polda Jatim Geledah Dinas Pendidikan Kota Pasuruan

oleh -546 views
Kantor Dinas Pendidikan Kota Pasuruan di Jalan Sunan Ampel No 22, Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur digeledah oleh Unit I Tipikor Ditreskrimsus Polda Jatim. Penggeledahan itu dimulai sekitar 10.30 wib pada Senin (9/12/2019).

SURABAYA, suluhdesa.com – Kantor Dinas Pendidikan Kota Pasuruan di Jalan Sunan Ampel No 22, Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur digeledah oleh Unit I Tipikor Ditreskrimsus Polda Jatim. Penggeledahan itu dimulai sekitar 10.30 wib pada Senin (9/12/2019).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan adanya proses penggeledahan di kantor Dinas Pendidikan tersebut.

“Proses penggeledahan yang dilakukan unit kami (Ditreskrimsus Polda Jatim) masih berlangsung”, ucap Barung kepada wartawan SULUHDESA.COM di Mapolda Jatim.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Babinsa Alas Nyiur Rutin Patroli

Penggeledahan itu berkaitan dengan ambruknya empat atap kelas SDN Gentong, Gentong, Kota Pasuruan, Selasa (5/11/2019) silam. Insiden ambruknya atap SDN Gentong menewaskan seorang siswa, Irza Almira (8) dan seorang guru, Sevina Arsy Putri Wijaya (19).

Sepekan pasca insiden tersebut Ditreskrimum Polda Jatim menetapkan dua orang tersangka, mereka adalah petugas kontraktor dan mandor bangunan atas ambruknya atap kelas SDN Gentong, Gentong, Kota Pasuruan.

Baca Juga:  Kasiter Rem 081/DSJ; Koramil Model, Tingkatkan Profesionalisme Aparat Teritorial

Pelakunya, Dedi Seto sebagai kontraktor dan pengawas serta Sutaji sebagai mandor pelaksana pengerjaan bangunan sekolah tersebut. Keduanya terbukti merekayasa material bahan bangunan sehingga tidak sesuai dengan standar dan spesifikasi yang telah ditentukan.

Pelaku merekayasa kolom besi coran menggunakan tiga rangkaian besi, padahal seharusnya diisi dengan empat rangkaian besi, pelaku menggunakan bahan baku pasir biasa dalam membangun konstruksi bangunan atap kelas, ketiga, penggunaan besi galvalum dalam menahan konstruksi atap yang tidak sesuai.

Baca Juga:  ODP Covid-19 di Probolinggo 103, 1 Meninggal Dunia

Polda Jatim melalui Ditreskrimsus Polda Jatim tengah mengusut dugaan korupsi tersebut di balik proses pembangunan atap kelas, sehingga terjadi seperti itu. (Sum/Sum)