RS Siloam Kupang Luncurkan Mesin Penghancur Batu Ginjal

oleh -430 views
Executive Director RS Siloam Kupang, dr. Hans Lie saat Media Gathering berkaitan dengan penanganan batu ginjal tanpa pembedahan, di aula RS Siloam Kupang, Rabu (4/12/2019).

KUPANG, suluhdesa.com — Rumah sakit Siloam Kupang memiliki mesin Extracorpord Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Mesin ini digunakan untuk penanganan batu ginjal sehingga pasien tidak perlu dibedah atau operasi.

Hal ini disampaikan Executive Director RS Siloam Kupang, dr. Hans Lie saat Media Gathering berkaitan dengan penanganan batu ginjal tanpa pembedahan, di aula RS Siloam Kupang, Rabu (4/12/2019).

Keunggulan ESWL jika pasien mengalami batu ginjal Tidak perlu di potong atau operasi, nyeri ringan, bisa dilakukan rawat jalan, tidak perlu puasa.

Baca Juga:  67 Calon Sarjana Pendidikan STIPAS KAK Ikuti Retret, Jadi Garam dan Terang

“Mesin ESWL yang kami miliki ini dikenal dengan sebutan Ferarinya ESWL, kecanggihannya nomor dua setelah ESWL Piezilith 3000+,” ujar dr. Hans Lie.

Menurut Hans, mesin ESWL tersebut mereknya sangat populer dan terdepan, yakni Richard Wolf Piezilith 3000, yang digunakan juga oleh rumah sakit-rumah sakit ternama di Indonesia.

Kesempatan yang sama, Urologist at Siloam Hospital Kupang, Erick S. Hutauruk menegaskan, di bidang Urologi kasus batu ginjal paling banyak dikeluhkan pasien.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Klinik King Care Bagi Masker untuk Seluruh Jurnalis di Kota Kupang

Erick mengatakan, tanah di wilayah NTT tergolong tidak layak sehingga masyarakat di NTT mengkonsumsi air tanah dengan kadar kapur yang cukup tinggi sehingga penanganan pasien batu ginjal di RS. Siloam Kupang mencapai angka 30 persen perhari.

Metode ESWL adalah cara penghancur batu ginjal dengan mengunakan laser.

“RS. Siloam Kupang merupakan salah satu RS pertama yang mengunakan metode ESWL dalam penanganan penyakit batu ginjal tanpa pembedahan atau operasi,” kata Erick.

Baca Juga:  Liga Akbar Pemuda Pancasila-Paman Sam dan Kupang Got Talent Resmi Dibuka

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan dengan adanya mesin ESWL ini diharapkan pelayanan di RS Siloam Kupang semakin baik.

“Di era globalisasi kita dituntut untuk memberikan pelayanan lebih baik. Kita bersyukur ESWL bisa hadir di NTT. Ginjal adalah organ pokok dan merupakan organ tubuh yang paling vital, apabila terdapat gangguan maka organ lain tidak berfungsi,” pungkas Retnowati. (vrg/vrg)