Bayi Lima Bulan Menderita Hydrocephalus Ditinggalkan Bapaknya

oleh -443 views
Muhammad Pandu Firmansyah penderita Hydrocephalus anak dari ibu muda yang bernama Dina Oktavia (21).

SURABAYA, suluhdesa.com – Seorang bayi yang berumur lima bulan dan menderita penyakit Hydrocephalus ditinggalkan sang ayah dan dirawat oleh ibunya seorang diri.

Inilah yang dialami Muhammad Pandu Firmansyah anak dari ibu muda yang bernama Dina Oktavia (21).

Saat Media SULUHDESA.COM menemui Dina di rumahnya di Rusunawa Gunungsari pada Rabu (4/12/2019), Dina bersedia berbagi cerita.

Sejak putra pertamanya lahir 5 bulan lalu, sang suami tidak pernah lagi mendampingi maupun menjenguk anak istrinya. Saat lahir, kondisi fisik Pandhu, sapaan akrab sang anak, tidak sempurna. Secara medis sang anak diketahui tengah menderita penyakit yang disebut Facial Cleft Tessier Hydrocephalus Myelomeningocele.

Baca Juga:  Tim SAR Bantu Mencari Kakek Sahar Yang Hilang di Hutan Gunung Penanggungan

“Itu katanya karena kena virus yang berasal dari hewan. Dan saat saya hamil, kebetulan saya pernah digigit tikus sampai berdarah di kaki”, ceritanya sambil terisak.

Dina mengaku sedih melihat kondisi anaknya, tetapi sebagai seorang ibu yang telah melahirkan Dina menerimanya dengan apa adanya. Berbeda dengan suami yang justru tidak mau menerima kondisi anaknya.

Baca Juga:  Tukang Bangunan Tewas Tersengat Aliran Listrik Tegangan Tinggi di Atas Atap Rumah

“Saat mengetahui kondisi Pandhu, dia (suami) malah pergi jalan-jalan sama teman-temannya”, ucap Dina.

Akibat penyakit tersebut sang anak mengalami ketidak sempurnaan fisik. Terutama pada bagian wajah, tidak hanya itu, sang mertua yang sejak awal tidak merestui hubungan pernikahannya, juga tidak pernah sekali pun menjenguk sang cucu. Hal itu yang membuat Dina semakin yakin untuk menggugat cerai sang suami.

Keinginan cerai pun bak gayung bersambut. Sang suami sempat mempersilakan Dina mengurus gugatan perceraian namun dengan syarat semuanya ditanggung sendiri oleh Dina selaku penggugat.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kota Surabaya Tanggapi Keluhan Warga

“Dia bilang suruh nanggung sendiri biaya perceraian. Padahal dia tahu saya tidak bekerja dan orangtua saya orang tidak mampu”, tambah Dina.

Kisah Dina ini menjadi perbincangan di media sosial. Setelah viral, sang suami pernah mendatanginya dan meminta agar mengurungkan niatnya bercerai. Dina bergeming lantaran sudah terlanjur sakit hati. Dia tetap bertekad berpisah dengan sang suami.

“Saya tetap bercerai, Saya akan merawat Pandhu,” tegasnya. (Sum/Sum)