LPMP NTT Dan Media Cakrawala Gelar Seminar Pendidikan

oleh -685 views
Drs. H. Muhammad Irfanm M.M Kepala LPMP NTT

KUPANG, suluhdesa.com – Dalam rangka memperingati hari guru dan HUT PGRI tanggal 25 November 2019 dan HUT Media Cakrawala ke 6, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ( LPMP) Provinsi Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan media Cakrawala NTT melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Indonesia Maju.

Kegiatan seminar Nasional Pendidikan berlangsung Sabtu (30/11/2019) pukul 08.00 wita dan bertempat di Aula Nusantara LPMP NTT.

Kepala LPMP NTT, Drs. H. Muhammad Irfan, M.M dalam sambutannya mengatakan lompatan dan semangat ada pada kita.

Baca Juga:  Ketua Pertina NTT Melepas 6 Atlit Tinju Prapon 2 ke Bogor

“Kiita harus mengejar ketertinggalan kita, kita harus jauh melompat, pendidikan itu adalah memanusiakan manusia, guru dan kepala sekolah lakukan apa yang baik di sekolah dengan semangat sehingga proses belajar mengajar menghasilkan anak-anak yang berkualitas,” jelasnya.

Fokus LPMP sekarang ini adalah bagaimana menjadikan guru-guru yang ada di seluruh NTT berkompetensi dan memiliki komitmen untuk mencerdaskan anak didik di setiap sekolah-sekolah.

Irfan berharap, guru harus bisa memaknai kehadiran anak didik mereka, mendidik dengan penuh perjuangan dan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

“Empati guru juga harus ditunjukkan supaya dapat membentuk karakter anak-anak didik. Dengan ini pendidikan karakter bisa berjalan,” urainya.

Baca Juga:  Oknum Polisi yang Pukul Ketua PMKRI Kupang Sudah Dihukum

Dijelaskan bahwa selain mengakarkan budaya literasi di lingkungan sekolah dan masyarakat luas, literasi ini juga membangun kesadaran akan pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter( PPK) di lingkungan sekolah serta meningkatkan kompetensi akademik dan keterampilan guru sebagai penggerak utama literasi dan PPK.

Lebih lanjut Irfan menjelaskan jikalau hasil yang diharapkan adalah semua peserta mendapat bekal tentang literasi dan PPK, juga peserta didik dapat menjadikan literasi sebagai budaya dalam mempersiapkan dirinya sebagai generasi masa depan Indonesia.

Baca Juga:  Robertus Take Lemaking; Menjual APD Lengkap Namun Tidak Mencari Untung

Narasumber pada kegiatan literasi ini adfalah Dr I Wayan Artika Instruktur literasi tingkat nasional yang juga merupakan pegiat literasi akar rumput pada komunitas Desa Belajar Bali, Benyamin Lola M.Pd Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Valentina L. Tanate, S. Pd, Gusti Rikarno S. Fil.

Hadir dalam kegiatan ini para guru, para kepala sekolah, pengawas, peserta didik, instansi terkait, komunitas literasi, awak media dalam wilayah Kota Kupang. (vrg/vrg)