UPKM/CD Bethesda Yakkum Areal Malaka Laksanakan Bimtek

oleh -795 views
Areal Manager UPKM/CD Bethesda Area Malaka Heny Pesik.

MALAKA, suluhdesa.com – Dua belas desa dari dua kecamatan di Kabupaten Malaka yaitu Kecamatan Malaka Barat (enam desa) dan Kecamatan Weliman (enam desa) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek ini diikuti dengan dampingan UPKM/CD Bethesda.

Bimbingan teknis tersebut dilakukan untuk penyusunan perencanaan dan penganggaran dana desa terkait isu stunting baik dari aspek pendekatan spesifik maupun pendekatan sensitif.

“Kami berharap dengan pembimbingan langsung dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang memang adalah pakarnya sehingga pada akhirnya kita mempunyai semacam draft untuk  Rencana Kerja Pemerintah Desa  (RKPDES) 2020 terkait dengan isu stunting,” jelas Areal Manager UPKM/CD Bethesda Area Malaka Heny Pesik kepada Media SULUHDESA.COM di aula suteran SsPs Betun, Kabupaten Malaka, NTT, pada Rabu (27/11/2019).

Baca Juga:  110 KK di Desa Babotin Terima BLT Tahap II

Menurut Heny, di sisi lain tenaga kesehatan desa selama ini dirasakan belum terlalu maksimal dalam penyusunan perencanaan anggaran dana desa.

“Dengan adanya bimtek ini kita berharap dapat bermanfaat bagi yang mengikutinya,” tutup Heny.

UPKM/CD RS Bethesda atau sering disebut CD Bethesda, adalah lembaga nonprofit yang peduli dengan pelayanan kesehatan primer. Secara struktur organisasi , CD Bethesda adalah salah satu unit mandiri dari RS Bethesda dan berada di bawah koordinasi YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) sebagai salah satu yayasan pelayanan kesehatan terbesar di Indonesia. 

Baca Juga:  Konfirmasi Kapolres Malaka Terkait Judi yang Viral, Ajudan; Buat Surat Permohonan

Program CD Bethesda

CD Bethesda berdiri pada tahun 1974, di mana berdirinya lembaga ini dideklarasikan pada Rapat Rencana Kerja Yakkum setelah ditetapkan bahwa masing-masing unit Yakkum harus menyebarkan pelayanan mereka lebih komprehensif melalui usaha pengembangan kesehatan.

Dalam program SRHR ini, CD Bethesda fokus di tiag wilayah yaitu Kota Yogyakarta ( Kec. Mantrijeron dan Kec. Gondokusuman), Kulonprogo ( Kec. Temon ) dan Gunungkidul (Kec. Playen, Kec. Panggang dan Kec. Patuk). Dengan sasaran adalah remaja usia 11- 25 tahun. CD Bethesda fokus pada 4 area yaitu : Akses Informasi Kesehatan Reproduksi dan HIV – AIDS, Pengadaan komoditas (alat kontrasespsi, ARV), Pelayanan kesehatan yang ramah bagi remaja, dan Advokasi (edi.s/edi.s)