Kota Kupang Tingkat Pengangguran Terbuka Tertinggi di NTT

oleh -570 views
Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) NTT, Darwis Sitorus (tengah).

KUPANG, suluhdesa.com – Per Bulan Agustus 2019, Kota Kupang mengalami Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi dengan angka TPT mencapai 9,08 persen atau melampaui angka TPT Provinsi NTT yang berada pada posisi 3.35 persen.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, Darwis Sitorus kepada awak media pada Selasa, 5/11/ 2019 di Aula kantor BPS NTT.

Darwis menjelaskan, dengan angka TPT tersebut maka Provinsi NTT menempati posisi kelima terendah 5 dari 34 Provinsi, setelah posisi pertama provinsi Bali disusul Provinsi DI Yogyakarta, provinsi Sulawesi Tengah dan provinsi Sulawesi Barat.

Baca Juga:  Robertus Take Lemaking; Menjual APD Lengkap Namun Tidak Mencari Untung

Menurut Darwis, angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Nusa Tenggara Timur paling rendah berada di Kabupaten Manggarai Timur, yaitu sebesar 0.95 persen.

Lebih lanjut dijelaskan juga jumlah pekerja di Nusa Tenggara Timur sampai pada bulan Agustus 2019 sebanyak 2,39 juta orang.

“Lapangan pekerjaan yang menyerap tenaga kerja paling banyak masih didominasi oleh sektor pertanian yaitu sebesar 48,70 persen, disusul sektor perdagangan sebesar 10,97 persen,” Jelasnya

Baca Juga:  Hai Pemimpin, Jadikan Ngada Lebih Baik

Pada sektor industri pengelolaan menyerap tenaga kerja sebanyak 10,26 persen. Dan dari sektor jasa pendidikan sebesar 6,46 persen disusul oleh sektor-sektor lainnya. Sementara itu, sektor real estate menyerap tenaga kerja paling rendah yaitu sebanyak 0,04 persen.

Dijelaskan juga bahwa perempuan penyumbang TPT di NTT paling banyak sebesar 3,64 persen . Sementara TPT laki-laki berada pada tingkat 3,12 persen. (vrg/vrg)