Save The Children Gandeng Universitas dan Lembaga Riset

oleh -549 views
Peserta workshop yang digelar lembaga Save The Children

KUPANG, suluhdesa.com – Save the Children melakukan kerjasama dengan mitra strategis seperti universitas dan lembaga riset untuk mendapatkan informasi tentang keahlian dan program prioritas universitas yang sinergis dengan program-program Save the Children bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Sr. Manager Eastern Indonesia Save the children, Silverius Tasman Muda pada kegiatan workshop yang berlangsung di Hotel On The Rock bersama Universitas se NTT (31/10/2019).

Kerjasama dengan berbagai universitas di NTT diharapkan akan dapat memperluas jangkauan penelitian program dan atau advokasi kebijakan yang membawa perubahan signifikan bagi program- program yang dilaksanakan oleh Save the Children.

Workshop ini bertujuan mengindentifikasi potensi kemitraaan dengan beberapa Universitas yang ada di NTT khususnya di pulau Timor.

Baca Juga:  Pasien 01 Covid-19 NTT Telah Sembuh, Masyarakat Jangan Berpuas Diri

Termasuk melakukan partnership scooping dengan berbagai universitas untuk mendukung rencana strategis Save the Children.

Mendapatkan informasi mengenai keahlian dan program prioritas dari universitas mitra.

Workshop ini bertujuan membangun kemitraan dengan Universitas untuk menggali potensi yang ada di setiap universitas agar bisa berkolaborasi dengan program yang ada di save the chlidren.

Dalam rencana strategis nasional Save the Children, 25% dari pendanaan tahun ini diimplementasikan melalui mitra. Termasuk untuk memperkuat kapasitas mitra, agar bisa membawa perubahan yang berkelanjutan bagi anak-anak di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Tidak Terpuji, OTG di Mabar Berdebat Dengan Tim Medis

Save the Children bisa memperluas jangkauan program, dimana sebelumnya hanya berada di 7 provinsi di Indonesia. Diharapkan setelah worksop tersebut Save the Children bisa memperluas area kerjanya di provinsi-provinsi lainnya di seluruh Indonesia.

Menanggapi informasi ini, perwakilan peserta dari Universitas Widya Mandira Kupang menjelaskan program yang ada di Unwira bisa berkolaborasi dengan Save the Children di bidang pendidikan dan perlindungan anak. Unwira juga sudah mempunyai Lembaga Bantuan Hukum.

“Program-program unggulan yang ada di Universitas masing-masing diharapkan bisa bersinergi dengan program save the children,”tandas Silverius

Hadir pada kegiatan workshop ini perwakilan 5 dari 7 Universitas di NTT yang diundang yaitu: Unwira, Unkris, Unimor, Poltekes.

Baca Juga:  8 Frater OCD Indonesia Ikrar Kaul Pertama, Bertahan Dengan Cinta yang Total

Di workshop ini juga msing-masing universitas mempresentasikan program unggulannya.

Save the children sendiri punya kerangka tematik program yaitu: perlindungan perempuan dan anak, pendidikan, pembangunan kemiskinan dan pemenuhan hak anak.

Tentang ini Ketua LP2M Undana, Dr.Umbu Lili Pekuwali, SH. M.Hum mengapresiasi gagasan Save the Children yang sangat bagus, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan anak.

Save the Children sudah kurang lebih 1 tahun bekerjasama dengan Universitas Nusa Cendana Kupang khususnya di bidang penelitian dan mendorong save the children untuk menyusun perda tentang penyelenggara pendidikan anak khususnya literasi dan selanjutnya pemerintah yang akan memutuskan. (vrg/vrg)