oleh

SMAT HTM Halilulik Gelar Perlombaan Bulan Bahasa

-Berita, Daerah-863 views

BELU, suluhdesa.com – Mengisi Bulan Bahasa, dengan Tema “Entwicklung der literarischen Kenntnisse der Schüler durch Sprache und Kunst” (membangun literasi siswa melalui bahasa dan seni) SMAT HTM Halilulik menggelar berbagai jenis perlombaan.

Ada pun jenis perlombaan itu antara lain pidato bahasa Indonesia, puisi Bahasa Jerman, debat Bahasa Inggris, fragmen bahasa daerah, stand up komedi menggunakan empat bahasa yakni bahasa Daerah, Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris dan Bahasa Jerman.

Menurut Kepala Sekolah SMAT HTM, Sr. Angela Tenis, SSpS, S. Pd mengatakan bahwa tujuan diadakan perlombaan ini adalah meningkatkan kreatifitas dan keberanian siswa untuk tampil di depan umum, serta menumbuhkan sikap cinta dan antusias siswa terhadap bahasa dan seni.

Baca Juga:  Rayakan Ultah Ke 37 Tahun, SMAN 12 Surabaya Helat Pertandingan Voli dan Basket

Hal ini disampaikannya dalam sambutan pembukaan kegiatan bulan bahasa yang terjadi pada Jumad (25/10/2019).

“Jadi, tujuan diadakan perlombaan dalam kegiatan Bulan Bahasa ini sejatinya untuk meningkatkan kreativitas dan keberanian siswa tampil di depan umum”. Tegas Sr. Angela.

Sr. Angela juga berharap agar semua siswa dapat mengambil bagian dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, karena hanya melalui partisipasi aktif dan keterlibatan penuh dari siswa-siswi maka kegiatan ini bermakna dan bermanfaat dirinya sendiri.

“Saya berharap kepada seluruh siswa-siswi untuk ikut ambil bagian secara aktif di dalam kegiatan ini. Ya, partisipasi aktif anda sangat dibutuhkan karena hanya dengan dan melaluinya anda semua beroleh manfaat”. Ungkap Sr. Angela dengan menggunakan bahasa Jerman yang fasih.

Baca Juga:  Literasi Sebagai Jejak dan Langkah Pemikiran

Hadir juga dalam kegiatan pembuka ini P. Mikhael Taneo, SVD sebagai perwakilan dari Misionaris SVD Timor, Diakon Yogar Valo sebagai perwakilan dari Tokoh Agama, Sr. Yohana Maria, SSpS sebagai perwakilan dari misionaris SSpS Timor dan juga para orang tua/wali murid.

Mewakili para tamu undangan P. Mikhael dalam sambutannya berharap agar SMAT HTM sebagai salah satu dari sekolah Menengah Katolik yang ada di Kabupaten Belu terus berkarya dengan semangat kasih dan pelayanan Kristus untuk mencerdaskan bangsa dan negara.

“Saya berharap SMAT HTM sebagai salah satu Sekolah Swasta Katolik yang ada di Kabupaten Belu untuk terus berkarya dengan semangat kasih dan pelayanan Kristus untuk mencerdaskan bangsa dan negara”. Ujar P. Mikhael, SVD.

Baca Juga:  Menasihati Murid Agar Jangan Pacaran, Guru Pun Jangan 'Ganggu' Murid
Diakon Yogar Falo (berjas)

Menurut P. Mikhael kecerdasan sangat dibutuhkan karena menurutnya perubahan suatu bangsa dan negara ke arah yang lebih baik dan berbobot hanya dilakukan oleh orang-orang cerdas dan kompetitif.

“Ya, kecerdasan memang sangat di butuhkan apalagi untuk generasi masa depan. Ke depannya tantangan bangsa dan negara akan lebih hebat dan memang hanya generasi yang cerdaslah yang dapat membuat perubahan yang baik dan berbobot bagi bangsa dan negaranya”. Pungkas P. Mikhael.

Kegiatan ini dimulai pada Jumad 25 Oktober 2019 dan akan berakhir pada Selasa 28 Oktober 2019 yang bertepatan dengan hari lahirnya Sumpah Pemuda. Dalam kegiatan ini semua peserta lomba diwajibkan menggunakan pakaian daerah. (anjello/jello)

Komentar

News Feed