Bank NTT Mendorong UMKM Ke Dunia Industri

oleh -511 views
Wakil Gubernur NTT bersama Bank NTT dan BPJS di Aula Fernandez Kantor Gubernur NTT, Kamis (4 /10/ 2019.

KUPANG, suluhdesa.com – Untuk mencapai NTT Bangkit dan Sejahtera perlu road map sinergitas seluruh stake holder. Hal ini disampaikan Dirut Bank NTT, Izhak Edward Rihi pada Pertemuan Seluruh Kepala Daerah se NTT, Wali Kota, Wakil Gubernur NTT bersama Bank NTT dan BPJS di Aula Fernandez Kantor Gubernur NTT, Kamis (4 /10/ 2019 lalu.

Pertemuan tersebut mendiskusikan Strategi dan Implementasi Road Map Pinjaman Daerah NTT Bangkit & NTT Sejahtera dan Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Nusa Tenggara Timur.

Menyikapi persoalan pengangguran dan kemiskinan di NTT, Bank NTT menawarkan dua strategi untuk menekan jumlah angka kemiskinan dan pengangguran yakni melalui industrialisasi dan dukungan pengembangan UMKM.

Industrialisasi, lanjut Izhak, akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan karena industrialisasi menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu kita perlu mendorong NTT ke arah dunia industri.

Baca Juga:  Dokter Domi Akui Dinas Kesehatan NTT Terus Berbenah

Lebih dari itu Bank NTT juga mendorong UMKM yang sudah siap ke arah industri. Misalnya industri pengelolaan pakan ternak.

“Saat ini Bank NTT sedang mendorong Bupati TTU Ray Fernandes untuk pengembangan bisnis ternak di Kabupaten TTU. Malaka dan Belu serta Kabupaten TTS dan Kabupaten Kupang akan diarahkan Bank NTT mengembangkan industri ternak yang akan tersentralisasi melalui TTU dan dikirim langsung ke Timor Leste.” ujarnya

Bank NTT akan berada di depan tidak saja sebagai mitra yang dipercaya Pemerintah dan masyarakat, tetapi menjadi rumah pembuka lahan usaha untuk kesejahteraan rakyat. Artinya semua aset daerah dikelola oleh Bank NTT untuk mencapai kesejahteraan seluruh masyarakat.

Baca Juga:  Wagub Nae Soi: Pemprov NTT Serius Urus Covid-19

Bank NTT akan menjadi Bank yang membuat semua orang yang bisa mengakses dukungan dana Bank NTT dengan mudah.

“Jika ada yang bertanya berapa jumlah kantor Bank NTT? Saya akan jawab banyaknya Kantor Bank NTT sebanyak rakyat NTT yang berjumlah 5,4 juta orang. Sebab Bank NTT bukan Kantor tetapi melaksanakan fungsi perbankan yang bisa di kantor dan yang bisa di laptop.” jelas Izhak.

Izhak Edward menjelaskan bahwa menuju cita-cita besar NTT Bangkit dan NTT sejahtera, visi-misi Bank NTT diperbaharui sehingga sejalan dengan visi-misi Pemerintah Daerah NTT.

Baca Juga:  Insentif Guru Lingkup Dinas P Dan K Provinsi NTT Dibayar Desember Ini

Untuk mencapai strategi besar itu Bank NTT akan menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah memastikan pertumbuhan ekonomi NTT yaitu : fase membangun fondasi infrastruktur, fase melihat pertumbuhan sektor usaha di masing-masing daerah atau wilayah serta fase melihat dan mengevaluasi adanya kesejahteraan masyarakat NTT.

Izhak mengharapkan adanya perubahan di dunia usaha. Dalam kaitan dengan ini Bank NTT tidak hanya melatih karyawannya saja tetapi melatih UMKM. Jadi sebelum UMKM diberi kredit, Bank NTT akan terlebih dahulu memberi pelatihan-pelatihan managemen pengembangan bisnis atau usaha.

Turut hadir seluruh kepala Bank NTT se NTT, Forkopimda, Bupati dan Wakil Bupati se Provinsi NTT, Anggota DPRD NTT dan tamu undangan lainnya. (vrg/vrg)