Kepala Desa Naitimu di Kabupaten Belu Dinilai Berprestasi

oleh -1.064 views
Norbertus Moa - Kepala Desa Naitimu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama istri terkasih.

BELU, suluhdesa.com – Nobertus Moa, Kepala Desa Naitimu di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapatkan pujian saat Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2020 yang berlangsung di Kantor Desa Naitimu, Kecamatan Tasifeto Barat, pada Senin (23/09/2019).

Nobertus Moa adalah Kepala Desa Naitimu yang terpilih dan menjabat untuk periode 2017-2022.

Pujian ini datang dari staf ahli Perencanaan Partisipatif Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Belu, Kanis Aimoruk sebagai perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan P3MD Kabupaten Belu, dan juga Kepala seksi PMD Kecamatan Tasifeto Barat Manuel Pecheco, sebagai perwakilan Camat Tasifeto Barat.

Kanis, dalam kesempatan memberi sambutan yang mewakili Dinas PMD dan P3MD Kabupaten Belu mengajak seluruh peserta musyawarah desa yang hadir untuk memberikan apresiasi dengan tepukan tangan kepada Kepala Desa Naitimu.

“Sebelum saya omong, mari kita tepuk tangan dulu untuk Bapak Norbertus,” ajak Kanis.

Baca Juga:  Forum BUMDES NTT Ajak Desa Dirikan Posko Covid-19 dan BLT Harus Tepat Sasaran

Kanis menilai bahwa Kepala Desa Naitimu adalah partner kerja yang baik dan bertanggung jawab dalam mendukung program kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Belu karena berkaitan dengan pengentasan ketertinggalan dan kemiskinan di Belu.

“Kepala Desa Naitimu adalah rekan kami yang mudah diajak bekerja sama dan juga sangat bertanggung jawab. Beliau selalu bilang siap jika diminta untuk bekerja sama. Selain itu beliau juga sangat bertanggung jawab,” ungkap Kanis.

Kanis juga merasa bangga karena dalam dua tahun masa kepemimpinan Norbertus banyak sekali program kerja yang dibuat dan banyak pula yang terealisasi. Padahal menurutnya untuk realisasi satu program kerja itu butuh proses yang sangat panjang.

“Jadi, kita perlu berbangga sebagai masyarakat Desa Naitimu karena dua tahun belakangan ini banyak sekali program kerja yang dibuat dan itu banyak yang terealisasi juga. Ya, memang kita harus bangga dengan pencapaian ini, karena untuk realisasi satu program itu sangat sulit karena butuh kerja keras, kerja sama dan juga kerja bersih sehingga dipercaya, dan itu telah dilakukan di desa ini,” tandas  Kanis.

Baca Juga:  Pemdes Negeri Pandan-Lampung Gelar MusrebangDes 2020

Selain pujian yang datang dari Dinas PMD dan P3MD Kabupaten Belu, pujian kepada Norbert juga diberikan oleh Kepala Seksi PMD Kecamatan Tasifeto Barat, Manuel Pacheco.

Manuel menilai bahwa dari delapan desa yang ada di Kecamatan Tasifeto Barat, Desa Naitimu adalah desa yang berprestasi. Oleh karena itu di Kecamatan Tasifeto Barat, Desa Naitimu merupakan desa yang contoh untuk desa-desa yang lain baik dalam pembangunan, pengayoman maupun juga pemberdayaan. Hal ini disebabkan oleh kerja keras dan juga capaian atau prestasi dari Desa Naitimu.

“Memang kita harusnya berbangga kepada kinerja kerja kepala desa, aparat dan seluruh masyarakat desa ini. Karena kerja kerasnya desa ini menjadi  desa yang berprestasi dan sebab itu pada satu tahun terakhir dijadikan sebagai desa contoh untuk desa-desa yang lain yang ada di Kecamatan Tasifeto Barat,” kata Manuel.

Baca Juga:  Tanggap Covid-19, Pemdes Detusoko Barat Gagas "Dapur Kita"

Ada pun prestasi dari desa Naitimu adalah, terhitung dari tahun 2017 sejak kepala desa ini dilantik, Desa Naitimu menjadi desa yang bersih dari masalah. Dan terhitung dari tahun 2018, desa ini masuk dalam status desa maju dengan dua desa lainnya yakni Desa Janilu dan Desa Kabuna dari 68 desa yang ada di Kabupaten Belu.

Hadir dalam Musdes tersebut adalah Bhabinkantibmas Desa Halilulik, Anwar Chodri, S.H, dan Babinsa Tasifeto Barat, Bintoro, seluruh aparat desa, BPD Desa Halilulik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh adat dan perwakilan dari Rumah Sakit Marianum Halilulik serta Puskesmas Halilulik. (jello/jello)