Peluang Menang Wilfridus Muga, Sang Independen Untuk Ngada Satu

oleh -1.338 views
Wilfridus Muga Bakal calon Bupati Ngada dari Jalur Independen

POLITIK, suluhdesa.com – Salam sejahtera untuk semua warga masyarakat Ngada. Begitu banyak pernyataan politik ke tengah ruang publik. Perang statemen yang dilemparkan lewat bahasa kian mencuat menambah panasnya opini” menuju Ngada satu.

Perbincangan” seputar pesta demokrasi mencari sosok yang akan memimpin Ngada sedang menjadi salah satu topik ditengah masyarakat. Mulai sekelas loka tua, warung kopi (warkop) sampai ruangan full AC dengan fasilitas aduhai. Semua ini tentu bertujuan baik, ingin mencari sosok yang layak untuk dapat membangun, merangkul, melihat dan peduli terhadap permasalahan yang sedang terjadi di daerah Ngada yg kita cintai ini.

Berbicara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), salah satu yang menarik adalah siapa yang menjadi peserta/calon kepala daerah yang akan dipilih oleh pemilih/rakyat. Menjadi semakin menarik ketika calon itu ada yang maju melalui jalur independen dan ada yang maju melalui partai politik atau gabungan partai politik.

Kedua jalur pencalonan itu memiliki syarat dukungan yang berbeda. Jika melalui jalur partai politik, syarat dukungan mengacu pada persentase perolehan suara partai dalam pemilu atau perolehan kursi partai di DPRD.

Baca Juga:  Yosef Tanu, Sosok Cawabup TTU yang Penuh Daya Tarik dan Inovatif

Proses yang harus dilalui  jika memilih jalur partai politik tidak cukup hanya terpenuhinya kursi di DPRD tapi membutuhkan pendekatan kepada pengurus/pimpinan parpol dari tingkat daerah hingga pusat, untuk memperoleh rekomendasi pencalonan yang akan diajukan ke KPU.

Sementara calon independen /perseorangan memperoleh dukungan dari masyarakat, yang ditunjukkan dengan bukti KTP dengan jumlah sesuai ketentuan UU melalui persentase jumlah pemilih.

Seperti biasa, wacana bermunculan di media sosial mengenai tokoh jagoan dari berbagai kalangan,  baik kalangan muda maupun kalangan tua. Tentu, jagoan dari berbagai kalangan ini didasari atas kedekatan, rekam jejak yang sudah dilalui oleh sosok yang sedang diusung. Walaupun sampai sekarang belum dideklarasikan pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang siap maju beserta partai pengusung. Pada akhirnya kita akan memilih yang masih mempunyai hubungan keturunan, memiliki garis ideologis yang sama, latar belakang organisasi yang sama.

Salah satu bakal calon Bupati Ngada dari jalur independen yaitu Wilfridus Muga, ia terlahir sebagai sosok yang bermutu atas dasar kapabilitas pribadi, wawasan, dan pengalaman pribadi. Tentu, ini menjadi pertanyaan besar mengapa beliau dengan optimisnya berjalan tanpa gandengan Partai Politik. Keyakinan Beliau Membuat saya salut. Keyakinan pada diri pria 46 Tahun ini tentu pasti punya keinginan besar bagi tanah Ngada ini.

Pria kelahiran Soa, 27 Juni 1973 telah melewati berbagai proses panjang, pahit dan manisnya hidup. Hingga, bapak empat orang anak ini mencapai sebuah kesuksesan dengan terwujudnya sebuah Kampus STKIP Citra Bakti Ngada. Perlu semua masyarakat tahu bahwa, sampai saat ini, pria yang menamatkan sekolah di Fakultas Ekonomi Unwira Kupang ini sudah melebarkan misinya dalam memanusiakan manusia dengan membangun PAUD hingga SMA Citra Bakti. Sosok Wilfrudus Muga telah membuktikan dengan membangun sebuah tempat bagi para penerus bangsa, mengelola  sebuah tempat Suluh Bangsa yang akan menjadi fondasi bagi negeri serta tanah Ngada tercinta.

Baca Juga:  Ini Seruan Isteri Cabup Simon Nahak untuk Perubahan Malaka

Tidak berhenti di situ saja, Wilfridus Muga pun membuka sekolah bola gratis bagi semua anak-anak muda Ngada yang ingin mengembangkan potensi mereka di bidang olahraga. Dengan demikian, Wilfridus Muga sebenarnya sedang menjadi arsitek dalam proses meningkatkan kualitas hidup sesama atau dengan kata lain memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Menanggapi berbagai diskusi dari berbagai akun Facebook yg membuat coretan kecil mengenai sosok yang layak diusung menuju Ngada 1, sederhananya adalah jadikanlah pemilihan kepala daerah mendatang sebagai sebuah partisipasi politik bukan mobilisasi politik yang dihantui iming-iming atau janji politik. Kita (pemilih) perlu lebih cermat, cerdas untuk menjauhi godaan” yang bersifat instant yg akan membuat kita semakin terpuruk dan tertidur pulas dalam balutan kemalasan yang sengaja dilancarkan oleh orang” atau kelompok” tertentu.

Baca Juga:  Ribuan Massa Penuhi Lapangan Haitimuk Hadiri Deklarasi Paket SBS-WT di Malaka

Wilfridus Muga merupakan sosok yang memiliki kemampuan dalam memimpin, visioner, optimis, bermoral dan teguh memegang amanah. Menjadi pemilih yang baik, tentu sebelum memilih perlu mempertimbangkan sosok yg akan dipilih. Pilkada yang berkualitas apabila pemilih juga berkualitas. Selamat Menikmati Pilkada Ngada. Salam Wifridus Muga Untuk Ngada Sejahtera. (Kasimirus Dhey)